Berita Balangan

Hebat, Raih Juara Tiga Nasional, Juliansyah Berpuisi di Makam sang Pujangga

Untuk lebih menyatu dengan dunia sastra, lomba puisi diadakan di makam pujangga yang juga pahlawan kemerdekaan Prof HM Yamin SH.

Hebat, Raih Juara Tiga Nasional, Juliansyah Berpuisi di Makam sang Pujangga
Istimewa
Ahmad Juliansyah SPd saat di Sumatera Barat 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALANGAN - Lelah masih dirasakan oleh Ahmad Juliansyah. Pemuda Desa Muara Minian RT 1 Kecamatan Juai Kabupaten Balangan ini baru saja melakukan perjalanan jauh yakni ke Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Namun perasaan itu langsung sirna bila mengingat apa yang diraih Juliansyah di kota yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Kota Padang tersebut. Juliansyah berhasil mengharumkan Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Balangan di ajang Jambore Pemuda Indonesia yang dilaksanakan pada 15-22 November 2017. Warga kelahiran Tungkaran Pangeran 5 Juli 1994 ini berhasil meraih juara tiga lomba baca puisi.

Kepada BPost, Selasa (21/11), Juliansyah mengatakan di ajang tersebut pemuda berprestasi dari seluruh provinsi dikumpulkan dan diajak melakukan berbagai kegiatan kebangsaan. Selain itu banyak pula lomba yang digelar.

Baca: Heboh, Warga Lampung Temukan Mayat Puluhan Tahun Dikubur Jasad dan Kain Kafannya Masih Utuh

Baca: 11 Kali Usulan Penelitian Ditolak di Indonesia, Siswa SMA Jogja Ini Malah Diundang Google ke Amerika

Wakil Kalsel berhasil membawa tiga penghargaan yaitu juara pertama lomba egrang yang dipersembahkan oleh Syamsudin asal Kabupaten Tapin.

"Kemudian stan terfavorit yang diwakili oleh Pura Prakarya Muda Indonesia Kalsel, dan yang ketiga adalah saya juara tiga lomba baca puisi," ungkap guru honorer sebuah sekolah di Balangan tersebut.

Untuk lebih menyatu dengan dunia sastra, lomba puisi diadakan di makam pujangga yang juga pahlawan kemerdekaan Prof HM Yamin SH.

Baca: Makkah dan Jeddah Diterjang Banjir, 3 Warga Makkah Tewas, Puluhan Warga Dievakuasi

"Puisi yang saya bawakan judulnya Tanah Air karya beliau. Untuk persiapan lomba ini saya harus berlatih kurang lebih satu bulan," jelasnya.

Putra Norpansyah dan Maslianor ini mengaku bangga dipercaya mengikuti ajang tersebut. Apalagi bisa meraih prestasi.

"Di ajang ini pula saya mendapatkan banyak wawasan kebangsaan," pungkas Sarjana S1 FKIP JPOK Universitas Lambung Mangkurat ini. (elh)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help