BanjarmasinPost/

Ekonomi dan Bisnis

Yuk! Segera Laporkan Harta ke Ditjen Pajak, Manfaatkan UU Pengampunan Pajak

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memberikan kesempatan kepada Wajib Pajak (WP) untuk melaporkan harta

Yuk! Segera Laporkan Harta ke Ditjen Pajak, Manfaatkan UU Pengampunan Pajak
banjarmasinpost.co.id/acm
Taxpayer Gathering 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memberikan kesempatan kepada Wajib Pajak (WP) untuk melaporkan harta yang belum dilaporkan baik dalam Surat Pernyataan Harta (SPH) untuk peserta Tax Amnesty (TA), maupun dalam Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) tahunan bagi yang bukan peserta TA.

Dengan mengungkapkan secara sukarela dan membayar pajak penghasilan final sesuai tarif dalam Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2017, WP tidak akan dikenakan sanksi sesuai amanat Pasal 18 Undang-Undang (UU) Pengampunan Pajak.

Baca: Begini Arahan Wamenlu RI Berkaitan Cara Menarik Investor

Namun pelaporan sukarela ini hanya berlaku sepanjang Ditjen Pajak belum mengeluarkan Surat Perintah Pemeriksaan (SP2) Pajak terhadap WP yang bersangkutan.

Dijelaskan Kepala Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) DJP Kanwil Kalselteng Adriana Hermawati Koraag, hal ini tertuang dalam perubahan kedua PMK-118/PMK.03/2016 sebagai bentuk pelaksanaan UU Pengampunan Pajak.

Kesempatan ini dibuka untuk para WP yang belum diperiksa dengan tujuan untuk membenarkan jika ada kekeliruan aset yang dilaporkan dalam SPH dan tentunya untuk terus mendorong kepatuhan dan kedisiplinan WP dalam membayar pajak.

Baca: Sumarsono Sebut TGUPP Dikhawatirkan Penampungan Mantan Tim Sukses Anies Baswedan

"Melalui kesempatan ini kami berharap bisa genjot penerimaan pajak menjelang akhir tahun," kata Adriana. (Achmad Maudhody)

Foto : DJP Kanwil Kalselteng Gelar Taxpayer Gathering beberapa waktu lalu untuk apresiasi WP yang patuh dan genjot penerimaan pajak di Kalselteng

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help