Berita Balangan

Longsor di Kecamatan Halong, Begini Penanganan yang Dilakukan BPBD

Longsor akibat hujan deras di beberapa desa di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan baru saja dilakukan giat pembersihan oleh BPBD Balangan.

Longsor di Kecamatan Halong, Begini Penanganan yang Dilakukan BPBD
istimewa
Longsor akibat hujan deras di beberapa desa di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan baru saja dilakukan giat pembersihan oleh BPBD Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Longsor akibat hujan deras di beberapa desa di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan baru saja dilakukan giat pembersihan oleh BPBD Balangan.

Longsor yang terjadi pada hari Kamis, (10/11/2017) lalu ini melanda Desa Mamigang RT.02, RT.03. RT.04, RT. 06, dan Desa Dusun Ampinang RT. 02, RT. 03 yang merupakan anak desa dari Mamigang, longsor terjadi bervariasi kepanjangannya dari 30m s/d 100m.

Akibat kejadian tersebut, sempat tertutup jalan penghubung untuk ke Desa Marajai dan ke Desa Mauya Kecamatan Halong.

Baca: Aksi Kocak Dua Karateka ini Bikin Gemas, Warganet Pun Ngakak

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love melalui Kasi Kedaruratan Muhammad Syuhada, Minggu (26/11/2017) mengatakan, giat pembersihan dilakukan oleh sejumlah personel BPBD Balangan dengan menggunakan alat berat.

Kecamatan Halong termasuk wilayah yang rawan dengan longsor, Badan Geologi Pusat Volkanologi Mitigasi Bencana Geologi pernah merilis wilayah potensi gerakan tanah, di antaranya Kabupaten Balangan.

Dalam rilis tersebut di Kabupaten Balangan ada dua daerah yang berpotensi adanya gerakan tanah tingkat menengah yakni Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi.

"Dikategorikan menengah yakni daerah yang mempunyai potensi menengah untuk terjadi gerakan tanah," ujarnya.

Baca: Inilah Foto-foto Presiden Jokowi dan Keluarga saat Manortor di Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Lebih lanjut dikatakannya, pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, terutama pada daerah berbatasan dengan lembah sungai, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

"Kami lakukan antisipasi dengan melaksanakan sosialisasi ke masyarakat dan aparat desa agar ini menjadi kewaspadaan bersama, dan berharap dua wilayah tersebut aman," pungkasnya.

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved