Berita Kalteng

Banyak Warga di Kapuas Menolak Vaksinasi Rabies Hewan Peliharaan, Ternyata Ini Mitos yang Beredar

Dinas Pertanian melalui bidang Peternakan Kabupaten Kapuas melakukan vaksinasi rabies terhadap 3.200 ekor anjing, kucing dan kera.

Banyak Warga di Kapuas Menolak Vaksinasi Rabies Hewan Peliharaan, Ternyata Ini Mitos yang Beredar
tribunkalteng.com/jumadi
Kasi Kesehatan Hewan drh Anik Ariswandari

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Dinas Pertanian melalui bidang Peternakan Kabupaten Kapuas melakukan vaksinasi rabies terhadap 3.200 ekor anjing, kucing dan kera.

Kepala Bidang Peternakan Heri melalui Kasi Kesehatan Hewan drh Anik Ariswandari mengatakan, tahun 2017 ini pihaknya melakukan vaksinansi terhadap hewan peliharaan, seperti anjing, kucing dan kera sudah mencapai 3.200 ekor.

"Sampai akhir bulan Novemver 2017 ini kita sudah memberikan vaksinasi terhadap hewan peliharaan masyarakat sekitar 3.200 ekor anjing, kucing dan kera," tutur drh Anik Ariswandari di ruang kerjanya, Senin (27/11/2017).

Baca: Setelah Kenakan Hijab, Pedangdut Mungil Ini Kini Makin Cantik dan Memesona

Diakui drh Anik, dalam pelaksaan kegiatan vaksinasi, masih ada saja permasalahan yang dihadapi di lapangan.

Warga menolak untuk hewan peliharaannya divaksinasi. Walau pun sudah dijelaskan tidak akan berpengaruh pada kesehatan peliharaannya kalau diberikan vaksinasi.

"Kebanyakan masyarakat menolak kalau hewan peliharaan divaksin dengan alasan, tidak menggonggong lagi, mati dan sulit ditangkap,"ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi bekerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Provinsi Kalteng.

Baca: Mengerikan! Ini Bahaya Debu Vulkanik Bila Terkena Mesin Pesawat Terbang

Dengan mengundang tokoh masyarakat, tokoh agama, masyarakat dan Koramil dan Polsek serta penyuluh pertanian.

"Kita sudah melakukan sosialisasi rabies dengan sasaran tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Koramil, Polsek dan penyluh petanian yang nantinya menyampaikan kepada warga pentingnya vaksinansi rabies kepada hewan peliharaan,"tambahnya.

Penulis: Jumadi
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved