Ini Cerita Dibalik Simbol Khas pada Tombol Power

Pernahkah Anda perhatikan tombol power di setiap alat elektronik pasti berbentuk lingkaran dengan garis vertikal di dalamnya.

Ini Cerita Dibalik Simbol Khas pada Tombol Power
Pixabay
Simbol power dibuat berbentuk lingkaran dengan garis tegak lurus di dalamnya 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pernahkah Anda perhatikan tombol power di setiap alat elektronik pasti berbentuk lingkaran dengan garis vertikal di dalamnya. Kira-kira siapa ya yang menciptakan simbol itu?

Sistem Bilangan Biner

Anda tahu sistem bilangan biner? Sistem bilangan biner adalah sistem penulisan angka dengan hanya menggunakan dua simbol, yaitu 0 dan 1. Biasanya angka biner ini digunakan untuk membuat kode pada alat digital sehingga alat-alat elektronik bisa berjalan secara otomatis.

Pada waktu Perang Dunia II, para insinyur yang membuat mesin menggunakan sistem biner itu untuk memberi label pada tombol power. Dalam sistem biner, angka 1 berarti hidup dan angka 0 berarti mati. Saat itu, para insinyur memberikan label angka 1 pada tombol untuk menghidupkan mesin dan label angka 0 pada tombol untuk mematikan mesin.

Baca: Sering Dijadikan Mainan, Ternyata Biji Karet Banyak Manfaatnya, Limbahnya Pun Bisa Digunakan

Baca: Astaga! Jadi Warga Arab Saudi, Robot Sophia Ingin Berkeluarga dan Punya Anak

Tapi seiring dengan perkembangan teknologi, tombol untuk menghidupkan dan mematikan mesin dijadikan satu sehingga orang-orang hanya perlu menekan satu tombol yang sama untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Simbol tombol power juga belum seperti sekarang, tapi masih berbentuk lingkaran dan garis tegak lurus secara terpisah.

Setelah beberapa waktu, akhirnya simbol power dibuat menjadi berbentuk lingkaran dengan garis tegak lurus di dalamnya. Dan pada tahun 1973, simbol itu diresmikan oleh International Electrotechnical Commission sebagai simbol untuk tombol power.

Artikel ini sudah dipublikasikan di bobo.grid.id berjudul Asal-usul Simbol Khas pada Tombol Power

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved