Kompor Induksi PLN Kalselteng

Mari Mengenal Cara Kerja Kompor Induksi yang Canggih Ini, Ternyata Sangat Praktis Lho!

Nah, untuk mengenal lebih baik lagi apa itu kompor induksi, salah satunya dengan mengetahui cara kerja kompor induksi.

Mari Mengenal Cara Kerja Kompor Induksi yang Canggih Ini, Ternyata Sangat Praktis Lho!
doisongphapluat.com
Cara Kerja Kompor Induksi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kompor induksi adalah kompor masa depan. Saat ini dengan mudah bisa ditemukan dijual di ritel modern, baik di Kota Banjarmasin maupun Kota Banjarbaru. Meskipun harus diakui, peminatnya belum sebanyak kompor gas.

Satu di antar ritel yang menyediakan kompor induksi adalah Senwel. Direktur Utama Senwell, Sutrisno Suwardi mengatakan, ada banyak merek kompor induksi yang dijual di Senwell. Disebutkannya beberapa keunggulan kompor induksi ini adalah lebih praktis karena menggunakan listrik, bisa dibawa ke mana saja, dan lebih cepat masak dibanding kompor gas.

“Bersyukur kalau penjualan di Senwell standa saja, rata-rata per bulan antara 30 unit sampai 40 unit,” katanya, belum lama ini.

Selain Senwell, di ACE Hardware di Jalan A Yani Km 6 Banjarmasin dan ACE Hardware di Q Mall juga menjual kompor induksi.

Baca: Kompor Induksi PLN Kalselteng - Begini 3 Fakta Kompor Masa Depan Ini, Nomor 2 Bikin Tergiur

Nah, untuk mengenal lebih baik lagi apa itu kompor induksi, salah satunya dengan mengetahui cara kerja kompor induksi.

Seperti diketahui, kompor induksi merupakan kompor yang menggunakan energi listrik sebagai sumber energi panasnya. Makanya, tak heran kompor induksi erat kaitannya dengan listrik yang dikelola Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan untuk wilayah Kalsel dan Kalteng di bawah kelola PLN Kalselteng.

Seperti dikutip dari berbagai sumber. berbeda dengan kompor listrik biasa, kompor induksi ini tidak menghasilkan panas tetapi menginduksi peralatan masak yang digunakan. Artinya yang akan menjadi panas ialah alat masaknya, bukan kompornya. Bahkan, kompor akan tetap dingin saat disentuh meskipun dalam proses
memasak.

Baca: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kompor Induksi

Jika kawat konduktor itu dibentuk kumparan dan di dekatnya diletakkan materi yang dapat menghantarkan listrik yang biasanya dari logam, maka logam tersebut akan menerima pengaruh garis gaya magnet lalu di dalam logam tersebut akan mengalir arus eddy yang menimbulkan panas.

Halaman
12
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved