NPL KPR Rumah Tapak Kalsel Masih Lebih Baik dari Rata-rata Nasional

Dari data yang dimiliki Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IX Kalimantan, tercatat tingkat non performing loan (NPL) kredit

NPL KPR Rumah Tapak Kalsel Masih Lebih Baik dari Rata-rata Nasional
istimewa via BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody
(Ilustrasi) Perumahan PT Jova Dini Lestari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dari data yang dimiliki Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IX Kalimantan, tercatat tingkat non performing loan (NPL) kredit pemilikan rumah (KPR) di Kalimantan Selatan (Kalsel) berada di tingkat 4,30 persen hingga September 2017.

Dijelaskan Staf Edukasi OJK Regional IX Kalimantan Andika Prasetya, tingkat NPL KPR khusus rumah tapak di Kalsel masih lebih baik dibanding NPL KPR Kalimantan yang berada di angka 4,75 persen.

Penyumbang NPL terbesar yaitu 7,27 persen adalah KPR dari kategori rumah tinggal bertipe di atas 70 dengan KPR disalurkan sebesar Rp 1,134 triliun dan NPL sebesar Rp 82 miliar.

Kategori rumah tinggal bertipe 22 sampai 70 menjadi kategori dengan realisasi KPR paling besar mencapai Rp 6,593 triliun dengan NPL Rp 262 miliar atau sekitar 3,98 persen.

Dan terakhir kategori rumah tinggal bertipe 20 ke bawah memiliki NPL paling rendah sebesar Rp 17,3 miliar atau 2,52 persen dari realisasi KPR sebesar Rp 687 miliar.

"Walaupun sudah di bawah NPL Kalimantan, namun target NPL yang diharapkan bisa di bawah NPL Nasional di kategori yang sama yaitu 2,28 persen," kata Andika. (BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody)

 

Tags
kpr
Kredit
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help