Sering Dijadikan Mainan, Ternyata Biji Karet Banyak Manfaatnya, Limbahnya Pun Bisa Digunakan

Di daerah Jawa Barat banyak perkebunan karet. Salah satunya ada di Cianjur. Ada kisah menarik di sekitar perkebunan karet Cianjur itu.

Sering Dijadikan Mainan, Ternyata  Biji Karet Banyak Manfaatnya, Limbahnya Pun Bisa Digunakan
Creative Commons - Luis Fernández García
Biji Karet 

BANJARMSINPOST.CO.ID - Di daerah Jawa Barat banyak perkebunan karet. Salah satunya ada di Cianjur. Ada kisah menarik di sekitar perkebunan karet Cianjur itu.

Biji Karet

Pohon karet menghasilkan biji karet. Biji karet yang berserakan di tanah biasanya dijadikan alat bermain oleh anak-anak. Namun, ada juga anak-anak yang mengumpulkannya di dalam keranjang. Setelah penuh, biji karet itu akan di jual ke pengepul. Lumayan, uangnya bisa digunakan untuk menambah uang jajan.

Baca: Wow! Kekayaan Bos Amazon Bertambah Jadi Rp 1.300 Triliun Gara-gara Umbar Ini

Diolah

Biji karet yang dikumpulkan pengepul akan dimasukkan ke pabrik untuk diolah. Biasanya, biji karet diolah menjadi minyak. Minyak biji karet bisa digunakan untuk pelumas cetakan dalam proses pembuatan genteng dan porselen. Selain dijadikan minyak pelumas, minyak biji karet juga bisa dijadikan bahan campuran untuk membuat cat.

Limbah

Pengolahan biji karet menjadi minyak karet pasti menghasilkan limbah. Limbah itu biasanya digunakan untuk pupuk tanaman. Selain dijadikan pupuk tanaman, limbah itu juga bisa dijadikan bahan campuran untuk makanan ternak.

Baca: Perang dalam Rumah, Istri Lagi Hamil Bawa Martil dan Suami Bawa Parang

Kotak Fakta:

Di Indonesia, ada sekitar 2,4 juta hektar perkebunan karet. Setiap tahun, kebun karet itu menghasilkan 11 juta ton biji karet. Tak disangka, ya, ternyata biji karet bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat!

Artikel ini sudah dipublikasikan di bobo.grid.id berjudul Sedikit Kisah Tentang Biji Karet

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help