Kampusiana

FISIP ULM Kupas Soal Nasionalisme dan Deradikalisasi Diikuti Ratusan Mahasiswa

Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyelenggarakan Seminar Nasional

FISIP ULM Kupas Soal Nasionalisme dan Deradikalisasi Diikuti Ratusan Mahasiswa
BANJARMASINPOST.co.id/fadly setia rahman
Tiga narasumber dan moderator dalam seminar nasional 2017 yang digelar Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyelenggarakan Seminar Nasional 2017 bertajuk "Nasionalisme dan Deradikalisasi".

Kegiatan dilaksanakan di Aula Rektorat Lantai 1 Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Selasa (28/11/2017) siang.

Peserta yang hadir pada seminar nasional ini terdiri dari berbagai unsur, antara lain akademisi, praktisi, politisi serta mahasiswa dengan target 300 orang peserta.

Menghadirkan tiga narasumber diantaranya Pakar Ilmu Politik yang juga Dekan FISIP UMY, Dr Titin Purwaningsih MSi, Akademisi FISIP ULM yang juga Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP ULM Drs Apriansyah MSi dan Perwakilan dari BIN Kalsel, Kolonel Arya Wisesa.

Seminar dipandu oleh Akademisi Ilmu Pemerintahan FISIP ULM yang juga Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Siti Hamidah, sebagai moderator.

Sebelumnya hadir pula sebagai Keynote Speaker Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ahmad Alim Bachri yang menyampaikan materi dengan tema "Kalkulasi Politik Mengusung Kebangsaan Indonesia".

Seminar ini dilaksanakan dengan fokus pembahasan mengacu pada persoalan utama yang dihadapi Bangsa Indonesia saat ini yaitu mulai masuknya paham, isme atau ideologi radikal (radikalisme).

"Melalui kegiatan seminar nasional ini diharapkan tergali pemikiran-pemikiran segar menyangkut diskursus nasionalisme dan deradikalisme," kata Ketua Pelaksana, Dr Andi Tenri Sompa.

Dia melanjutkan, dalam seminar mengulas berbagai model pemikiran para ahli atau akademisi dan praktisi dalam mengatasi persoalan radikalisme dan menumbuh-kembangkan spirit nasionalisme.

Mencari solusi bersama dalam menjawab tantangan dan permasalahan radikalisme kontemporer.

Memantapkan perspektif dan pemikiran baru tentang format ideal gerakan nasionalisme dan deradikalisme.

"Luaran yang diharapkan dari pelaksanaan seminar nasional ini yaitu terbentuknya kesadaran akan bahaya ancaman radikalisme dan keutuhan NKRI secara komprehensif serta terwujudnya pemahaman bersama tentang gerakan kontra-radikalisme dan pemantapan paham kebangsaan secara berkesinambungan," pungkasnya. (BANJARMASINPOST.co.id/fadly setia rahman)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved