BPJS Kesehatan Menunggak

Klaim Pembayaran BPJS di RS Damanhuri Barabai Lancar, Ternyata Ini Rahasianya

Dirut RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Senin (27/11), menjelaskan tidak ada masalah dalam hal klaim tagihan BPJS.

Klaim Pembayaran BPJS di RS Damanhuri Barabai Lancar, Ternyata Ini Rahasianya
Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Selasa (28/11/2017) Halaman 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Penelusuran BPost ke sejumlah rumah sakit, ternyata tidak semua mengalami keterlambatan klaim tagihan BPJS. Salah satunya RSUD Ansari Saleh dan RSUD Damanhuri Barabai HST.

Izaak Zulkarnaen, Dirut RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Senin (27/11), menjelaskan tidak ada masalah dalam hal klaim tagihan BPJS.

“Pelayanan tidak terganggu. Kami sudah dibayar (BPJS) sampai Agustus 2017. Rencana September akan dibayar sampai Desember sebesar Rp 7,9 miliar,” jelas Izaak via pesan singkat.

Hal yang sama juga disampaikan dr Dessy Zuanita Lestari, Kabid Pelayanan Medis RSUD Damanhuri Barabai, Hulu Sungai Tengah.

“Sudah dibayar melalui rekening rumah sakit. Rata-rata tagihan berkisar antara Rp 1,5 miliar sampai Rp 2 miliar per bulan,” beber dia.

Baca: BPJS Rp Tunggak 45 Miliar, Direktur RSUD Ulin Harus Putar Otak Berikan Layanan Pasien

Dia menyebut, lancarnya klaim di RSUD Damanhuri, karena pihaknya menerapkan tertib admnistrasi.

Pembayaran klaim, sebut dia, akan mudah jika semua persyaratan baik terkait administrasi maupun prosedur dipatuhi, yakni soal ketepatan waktu sesuai jadwal tiap bulan serta berkas rekam medis pasien antara lain berisi keterangan data pasien riwayat kesehatan, diagnosa, waktu berobat dokter yang merawat, serta keterangan lainnya.

“Klaim tidak bisa dibayar, kalau tidak lengkap. Intinya, asalkan syarat administrasinya lengkap, klaimnya tidak akan menunggak ,” imbuh Dessy.

Baca: Talangan Tunggakan Pasien BPJS Rp 10 Miliar, Ini yang Dilakukan RS Boejasin

Menurut dia, selama 2017, rata-rata kunjungan pasien, baik rawat inap maupun rawat jalan sebanyak 2.000 orang per bulan. Pasien itu 80 persen adalah peserta BPJS Kesehatan. Selebihnya, pasien umum atau tanpa asuransi.

Kantor BPJS di Kalsel ada dua yakni BPJS Cabang Banjarmasin dan BPJS Cabang Barabai di HST. BPJS Cabang Barabai melayani wilayah Banua Anam mulai dari Tapin, HST, HSS, HSU dan Tabalong. Sedangkan BPJS Cabang Banjarmasin melayani wilayah Banjarmasin, Batola, Banjarbaru, Banjar, Tanahlaut, Tanah Bumbu dan Kotabaru. Kedua kantor cabang itu berada di bawah kantor BPJS Divisi Regional 8 di Samarinda, Kaltim. (lis/han)

Baca lebih lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Selasa (28/11/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved