Jendela Dunia

Bandara Mumbai Pecahkan Rekor, Layani 969 Pesawat Hanya dalam 24 Jam

Dalam periode yang dimulai pukul 05.30 pagi pada Jumat (24/11/2017) hingga 24 jam berikutnya, sebanyak 969 pesawat terbang

Bandara Mumbai Pecahkan Rekor, Layani 969 Pesawat Hanya dalam 24 Jam
wikipedia
Terminal penerbangan domestik bandara internasional Chhatrapati Shivaji di Mumbai, India. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MUMBAI - Bandara internasional Chhatrapati Shivaji di Mumbai, India, baru saja memecahkan rekor dunia untuk jumlah pesawat yang mendarat dan lepas landas dalam 24 jam.

Dalam periode yang dimulai pukul 05.30 pagi pada Jumat (24/11/2017) hingga 24 jam berikutnya, sebanyak 969 pesawat terbang mendarat dan lepas landas di bandara tersebut.

Bandara tersebut sebenarnya memiliki dua landasan pacu, tetapi karena posisinya yang bersilangan maka setiap kali melayani pendaratan atau lepas landas, bandara ini hanya bisa menggunakan satu landasan pacu saja.

Jadi sebuah prestasi luar biasa bagi bandara Chhatrapaji karena hanya dengan satu landasan pacu bisa melayani jadwal penerbangan yang sedemikian padat.

Setiap hari, bandara ini memang melayani lebih dari 900 pesawat terbang, tetapi jumlah ini bertambah di hari Jumat karena pesawat pribadi dan sewaan juga menggunakan bandara tersebut.

"Kami harap bisa melampaui 1.000 pesawat sehari dalam waktu tak lama lagi," kaa juru bicara bandara kepada harian The Times of India.

Landasan pacu bandara sepanjang 3.660 meter ini memiliki kapasitas resmi melayani 46 pendaratan dan lepas landas setiap jam.

Namun, pada Jumat lalu, tercatat dua kali landasan itu melayani 50 pesawat dalam satu jam yaitu sekali di pagi hari dan malam hari.

Dengan begitu banyaknya pesawat yang datang dan pergi, sehingga membuat jeda tiap pesawat amat dekat yaitu haya 65 detik saja.

Minimny lahan berarti hampir tak pasti bandara ini akan memiliki dua landasan pacu paralel sehingga mau tidak mau pengelola harus memaksimalkan satu-satunya landasan yang ada.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved