BanjarmasinPost/

Berita Tanahlaut

Hebat, Dewan Tanahlaut Usulkan Lima Raperda Inisiatif

Kabar baik buat masyarakat di Kabupaten Tanahlaut. Itu karena para wakil rakyat mereka di DPRD Tanahlaut mengusulkan rancangan

Hebat, Dewan Tanahlaut Usulkan Lima Raperda Inisiatif
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Ketua Badan Legislasi DPRD Tanahlaut, Muslimin, SE

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kabar baik buat masyarakat di Kabupaten Tanahlaut. Itu karena para wakil rakyat mereka di DPRD Tanahlaut mengusulkan rancangan peraturan daerah (Raperda) Inisiatif.

Informasi dihimpun, rencananya lima produk raperda Tanahlaut inisiatif DPRD Tanahlaut itu terungkap seusai rapat paripurna DPRD Tanahlaut tentang persetujuan Raperda APBD menjadi Perda APBD 2018.

Lima raperda itu diyakini bakal mulus karena berkaitan dengan aspirasi yang berkembangan di masyarakat dan demi kesejahteraan masyarakat di KabupatenTanahlaut.

Baca: Ratu Elok Makin Elok, Disediakan Lokasi Menarik untuk Selfie Lho

Namun, realisasi pembahasan lima raperda inisiatif DPRD Tanahlaut itu masij menunggu evaluasi Perda APBD 2018 Kabupaten Tanahlaut dari Pemerintah Provinsi Kalsel.

Lima Raperda Inisiatif DPRD Tanahlaut itu pertama tentang Tanggungjawab sosial perusahaan, kedua tentang Perlindungan penyandang Disabilitas, ketiga tentang Bantuan hukum terhadap masyarakat miskin.

Kemudian, keempat tentang Penyelenggaraan perlindungan kemiskinan dan kelima raperda tentang Penyelenggaraan perlindungan kesehatan.

Ketua Badan Legislasi DPRD Tanahlaut, Muslimin dikonfirmasi membenarkan bahwa lima raperda inisiatif DPRD Tanahlaut tersebut realisasi pembahasan pada 2018 nanti.

Muslimin mengaku usulan raperda inisiatif ini hanya terjadi di periode Anggota DPRD Tanahlaut saat ini. Sebelumnya tidak pernah.

Terkait anggaran, Muslimin mengakui alokasinya pembuatan naskah akademik terhadap lima Raperda Inisiatif DPRD Tanahlaut itu, sudah dianggarkan.

Baca: Waduh, Gara-gara Masalah Ini Ketua Dewan Syuro PKB Marah ke Wagub Kalteng

"Setelah disetujui tentu akan ada perjanjian kerjasama dengan Universitas di Kota Banjarmasin," katanya.

Produk legislasi daerah pada 2018 nanti, dikatakan Muslimin totalnya 46 raperda. Lima dari inisiatif DPRD Tanahlaut dan selebihnya 41 raperda usulan eksekutif atau Pemerintah Kabupaten Tanahlaut.

"Prioritas raperda usulan pemerintah daerah diantaranya tentang Pilkades serentak, tentang perangkat pemerintahan desa dan tentang Badan Permusyawaratan Desa," katanya.

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help