Berita Hulu Sungai Tengah

Mantap, Ponpes Modern Ini Dapat Kunjungan Kedubes Australia, Ini yang Dibahas

Pondok Pesantren Modern, Darul Istiqamah (DI) Barabai, di Kabupaten Hulu Sungai Tengah kembali menarik perhatian dunia pendidikan luar negeri.

Mantap, Ponpes Modern Ini Dapat Kunjungan Kedubes Australia, Ini yang Dibahas
istimewa
Asia Education Foundation menggandeng Ponpes di Bumi Murakata tersebut, untuk program pengembangan hubungan kemitraan sekolah di Indonesia dan Australia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pondok Pesantren Modern, Darul Istiqamah (DI) Barabai, di Kabupaten Hulu Sungai Tengah kembali menarik perhatian dunia pendidikan luar negeri.

Kali ini, Asia Education Foundation menggandeng Ponpes di Bumi Murakata tersebut, untuk program pengembangan hubungan kemitraan sekolah di Indonesia dan Australia.

Pengasuh Ponpes Darul Istiqamah Barabai, Hj Siti Salehah, kepada BPost Online, Kamis (30/11/2017) menjelaskan Program Bridge Australia-Indonesia itu disampaikan langsung Manajernya, Robertus Raga Djone, yang datang bersama Program Officer Dubes Australia untuk RI, Siti Fitriyanti, pada Rabu 28 November 2017 kemarin.

Baca: Gila! Bayi Dicekoki Bir di Tengah Pesta, Ini Alasan Orangtuanya

Baca: Rumah DP 0 Rupiah Dibangun di Pulogadung dan Pondok Kelapa, Ini Perkiraan Besar Cicilannya

Baca: Agama Bondan Winarno Bikin Penasaran Warganet, Padahal Sudah Dijawab Tujuh Tahun Lalu T

Baca: Agama Bondan Winarno Bikin Penasaran Warganet, Padahal Sudah Dijawab Tujuh Tahun Lalu T

Baca: Bunga Jelitha Tiba dengan Isak Tangis, Aku Gak Mau Pulang ke Indonesia, Nanti Dibuat Malu

Baca: Begini Penderitaan Artis Penderita HIV/AIDS, Kehilangan Kaki Hingga Sakit Kepala Hebat

“Selain mengembangkan kemitraan sekolah di Indonesia dengan Australia, juga bertujuan memperbaiki pemahaman antarbudaya kedua negara,”jelasnya.

Disamping itu, untuk meningkatkan pengentahuan dan keterampilan informasi dan teknologi. Termasuk membangun pengetahuan dam keterampilan pedagogic, serta strategi pengajaran yang efektif.

Disebutkan, ada empat ustadz/ustandzah yang diwawancarai oleh mereka, untuk kemudian diseleksi mewakili Ponpes DI, mengikuti program tersebut. Selanjutnya dipilih dua orag yang akan berangkat ke Australia tahun 2018.

Baca: Mau Lauk Enak tapi Mudah? Coba Resep Ati Ampela Tumis Kecap Ini

“Harapan kami, kerjasama program-program pendidikan, baik antardaerah, antarprovinsi, hingga internasional ini dapat meningkatkan mutu pembelajaran di ponpes DI kami yang berkonsep modern ini,”jelas Salehah.

Ponpes DI Modern Barabai, merupakan salah satu ponpes favorit di Banua Anam yang memiliki ribuan santri, terdiri Ponpes DI Putra di Jalan HM SYarkawai, dan Ponpes DI Putri, di Banua Budi.

Pemimpin Ponpes DI, KH HAsan BAsuni pada peringanan hari santri nasional beberapa waktu lalu menyebutkan, ponpes yang dipimpinnya itu sudah go internasional.

Dia menyebutkan Ponpes DI sampai sekarang menjadi anggota tetap Program Leadership Forum.

Dalam rangkaian Partnership for Youth (PAY) Shaping Vision 2013 for Community Ravitalizen ada sustainability. Program tersebut diselenggarakan di Hawii, Amerika Serikat pada 2017, dimana Ponpes DI mengirin delegasinya, ke Hawaii dan Jepang .

“Untuk program kemitraan dengan Australia, kami kembali akan mengirin santri sebagai delegasi Indonesia, untuk persahabatan antarsekolah,”kata pemimpin yang sekaligus pendiri Ponpes DI. Selain memberikan wawasan internasional, pohak Ponpes juga menanamkan kesdaran bahwa para santri merupakan pemimpin masa depan untuk kemajuan negeri ini.

Sementara, Ponpes DI Modern dengan jenjan pendidikan Madrasah Ibtidiyah, MTs, Madrasah Aliayah serta SMK mewajibkan santri mereka menguasai dua bahasa asing, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.
Rata-rata santri pun menguasai dua bahasa tersebut yang mereka praktikkan sehari-hari di lingkungan Ponpes.

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help