Ekonomi dan Bisnis

Rental Mainan Bisa Raup Omzet Rp 1,5 Juta Sehari, Ini Ceritanya

Daud Wahyudin pemilik bisnis rental mainan di tempat ini diantaranya, memiliki sekitar 30 unit mainan

Rental Mainan Bisa Raup Omzet Rp 1,5 Juta Sehari, Ini Ceritanya
Achmad Maudhody
rental mainan di Taman Satwa Jahri Saleh. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Walaupun sederhana, pengusaha rental mainan di Taman Satwa Jahri Saleh bisa raup omzet hingga Rp 1,5 juta di akhir pekan dan hari besar.

Daud Wahyudin pemilik bisnis rental mainan di tempat ini diantaranya, memiliki sekitar 30 unit mainan. Daud bahkan sering kewalahan dan kehabisan unit mainan rentalnya di libur hari besar.

Seperti pada momen libur Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Hari Jumat (1/12/2017), sejak pagi hari sudah cukup banyak anak-anak yang menyewa mainan milik Daud.

"Memang sangat tergantung momen dan cuaca, paling ramai akhir pekan atau hari libur seperti hari ini. Kecuali kalau cuaca hujan, mau tidak mau lebih sepi," kata Daud.

Rental mainan ini beroperasi sama dengan jam operasional Taman Satwa Jahri Saleh yaitu pukul 8.00 hingga pukul 16.00 setiap hari.

Daud memiliki berbagai jenis mainan yang disewakan, mulai dari mobil-mobilan mini, sepeda motor, skuter, hingga sepeda motor trail.

Sebagai penggeraknya, mainan-mainan ini menggunakan dinamo listrik dan baterai aki sebagai sumber energi penggeraknya.

Mainan-mainan ini disewakan mulai Rp 10.000 untuk setiap sepuluh menit. Namun tak hanya sepuluh menit, biasanya anak-anak yang menyewa mainan ini bermain selama 20 hingga 30 menit sekali sewa.

Di lahan halaman Taman Satwa Jahri Saleh seluas sekitar 500 meter persegi, anak-anak bisa puas berkeliling menggunakan mobil dan sepeda motor mini.

Tak hanya dari Banjarmasin, para pengunjung yang menyewa mainan Daud banyak yang datang dari berbagai daerah diluar Kota Banjarmasin.

Tidak sendiri, pengusaha lainnya yang juga menyewakan mainan di tempat ini Haris juga mengakui bisnis ini cukup menguntungkan.

Namun walaupun demikian, menurut Haris modal untuk menjalankan usaha rental mainan cukup besar. Satu unit mobil-mobilan mini dan sepeda motor mini ini dibelinya dengan harga sekitar Rp 2 juta per unit.

"Belum lagi rental mainan seperti ini banyak juga biaya perawatan. Namanya juga direntalkan tentu yang pakai berbagai macam anak, jadi sering juga rusak dan butuh biaya perbaikan sampai ratusan ribu rupiah," kata Haris. (Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help