Home »

Techno

» Apps

Bisnis Tekno

YouTube Kembangkan Fitur Mirip Instagram Stories, Video Kamu Bakal Lebih Heboh

Adapun tujuan Reels adalah memberikan alternatif bagi para kreator YouTube untuk berekspresi.

YouTube Kembangkan Fitur Mirip Instagram Stories, Video Kamu Bakal Lebih Heboh
mashable
Ilustrasi YouTube 

BANJARMASINPOST.CO.ID - YouTube sedang menguji coba fitur teranyar yang dinamai “Reels”. Mekanismenya lebih kurang mirip dengan Snapchat maupun Instagram Stories, memungkinkan pengguna membagikan foto dan video pendek terkait aktivitas sehari-hari.

Adapun tujuan Reels adalah memberikan alternatif bagi para kreator YouTube untuk berekspresi. Pasalnya, video-video utama YouTube biasanya melewati proses produksi dan pengeditan yang matang.

Sama seperti Snapchat dan Instagram Stories, konten Reels digadang-gadang bakal lebih apa adanya dan spontan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (1/12/2017), dari TheVerge.

Baca: 10 Orang Terkaya di Indonesia Ini Tiap Tahun Makin Kaya, Siapa Saja Mereka?

Baca: Spasojevic Tak Sabar Perkuat Timnas Indonesia di Tsunami Cup 2017

Baca: Edison Wardhana, Stuntman Demian di Aksi Death Drop SCTV Awards 2017 Paru-parunya Dipotong

Baca: La Gode yang Dituduh Curi Singkong Tewas di Markas, Begini Kata Danrem Ternate

Reels bakal memiliki tab sendiri agar kontennya terpisah dari video-video utama YouTube. Saat ini fitur tersebut baru bisa dijajal segelintir kreator YouTube. Belum jelas kapan Reels bakal hadir untuk semua orang.

Kendati prinsipnya familiar dengan Snapchat dan Instagram Stories, Reels masih punya keunikan. Konten-konten di dalam Reels tak akan hilang setelah 24 jam.

Konten-kontennya akan tetap tersimpan, kecuali sang kreator ingin menghapusnya. Selain itu, kreator juga bisa memiliki multiple Reels dengan set video atau tema yang seirama.

Misalnya saja tema Reels berjudul “cooking tips”, maka kreator bisa memasukkan cuplikan video-video pendek seputar tips memasak. Lantas ada tema Reels berjudul “trip”, maka seharusnya kontennya berisi hal-hal terkait liburan.

Lantas bagaiamana cara membuat konten Reels? Anda cukup merekam video via smartphone dengan durasi maksimal 30 detik. Selanjutnya sisipkan filter, musik, atau teks.

“Kami juga membawa fitur-fitur seperti menghubungkan (link) video Reels ke video utama YouTube dan menyematkan stiker,” kata Product Lead - Community YouTube, Roy Livne.

Inisiasi baru dari YouTube ini seiring dengan perekrutan Todd Sherman yang sebelumnya menjabat Lead Product Manager di Snapchat. Belum jelas apakah Todd Sherman akan khusus mengurus Reels atau tidak.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help