YABN

Serunya Kelas Sains di Stand Adaro pada Tabalong Expo Center

Seluruh peserta kegiatan sains terlihat begitu energik mengikuti senam bim bam yang diIntruksikan oleh guru pendamping

Serunya Kelas Sains di Stand Adaro pada Tabalong Expo Center
YABN
Suasana saat kelas sains di stand adaro dalam gelaran Pekan Raya Tabalong di Tanjung Expo Center.Anak- anak semangat mengikutinya 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - BIM, bam, bim, bam, biri-biri, bam,". Seluruh peserta kegiatan sains terlihat begitu energik mengikuti senam bim bam yang diIntruksikan oleh guru pendamping saat kegiatan kelas sains yang diadakan di stand Adaro dalam Pekan Raya Tabalong, Sabtu (2/12) di area Tabalong Expo Center, Mabuun.

Guyur hujan yang sebelumnya turun tidak dapat menghapus tawa riang anak-anak peserta kegiatan, lebih dari 20 siswa mengikuti kegiatan yang digagas Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) melalui bidang pendidikannya.

Peserta yang berasal dari sejumlah sekolah yang berada di wilayah kabupaten Tabalong ini terbagi menjadi tiga grade dalam permainannya. Grade 1 untuk anak sekolah dasar kelas 1 dan 2, grade 2 untuk kelas 3 dan 4, sedang kelas 5 dan 6 masuk dalam grade 3.

Kegiatan kelas sains ini rutin dilaksanakan setiap minggunya di ruang perpustakaan milik YABN. Kegiatan sains dibuka dengan sejumlah permainan diantaranya kodok lompat dan elektroskop sederhana.

Wajah penasaran terlihat dari ekspresi setiap peserta sesaat setelah menerima kit sains yang dibagikan oleh guru pendamping kelas sains. "Ibu...,gimana cara buatnya ini?" rengek seorang peserta kegiatan.

"Pertama buat lubang kecil di tengah tutup botol, kemudian masukan salah satu ujung benang kedalam lubang pada karton," jelas guru pendamping mengintruksikan bagaimana membangun proyek sains sederhana yang sedang diuji coba oleh peserta.

Dengan cermat setiap peserta mengikuti intruksi yang dijelaskan. "Yee aku bisa...," ungkap Rafi salah seorang peserta dari SDN 2 Pembataan. "Sekarang gosok sedotan plastik dengan baju, kemudian dekatkan ke dinding botol. Bagaimana? Apa karton yang ada dalam botol bergerak?" tanya salah seorang guru sains.

Menurut Vida salah seorang guru pendamping asal Juru Banu, Barito Timur, eksperimen sederhana Elektroskop Sederhana ini bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta tentang muatan elektronik yang berada dalam sebuah benda, mulai dari proton, neutron hingga elektron.

Kholis, salah seorang peserta kegiatan mengaku sangat senang bisa ikut kegiatan tersebut. Dia mengaku dapat banyak melalui eksperimen. Begitu halnya Adit, siswa SD Muhammadiyah mengaku sangat gembira mengikuti kegiatan, meski baru pertama kali mengikutinya.

"Seru sekali bisa mengikuti kegiatan ini, sebelumnya di sekolah belum ada eksperimen seperti ini, setelah ini saya ingin ikut kelas sains," ungkap Adit bahagia.

Selain kegiatan sains, stand yang dimiliki Adaro dalam Pekan Raya Tabalong juga ini juga menampilkan sejumlah produk-produk UMKM binaan PT Adaro Indonesia. Puluhan jenis produk makanan, kerajinan, dan furnitur ditampilkan 25 UMKM binaan PT Adaro Indonesia di stand yang dimilikinya. (*)

Penulis: Dony Usman
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help