Berita HSU

Tahun 2017 Tak Dapat, Guru di Paminggir Berharap Kembali Dapat Tunjangan Daerah Tertinggal

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan memiliki program pemberian tunjangan khusus untuk guru yang mengajar di desa sangat tertinggal.

Tahun 2017 Tak Dapat, Guru di Paminggir Berharap Kembali Dapat Tunjangan Daerah Tertinggal
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati
Beberapa hari lalu aliran sungai dari Kecamatan Danau Panggang menuju Kecamatan Paminggir sempat tertutup oleh eceng gondok. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) masih menjadi Kabupaten tertinggal. Sebagian desa bahkan ditetapkan sebagai desa sangat tertinggal karena akses menuju desa masih sulit.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan memiliki program pemberian tunjangan khusus untuk guru yang mengajar di desa sangat tertinggal.

Tunjangan diberikan kepada seluruh guru pengajar untuk semua jenjang pendidikan. Junaidi Gunawan Kasi Pengembangan Guru dan Tenaga Teknis Dinas Pendidikan HSU mengatakan tunjangan khusus yang diberikan yaitu Rp 300 ribu perbulan.

"Tunjangan khusus dibagikan pertiga bulan, melalui rekening pribadi masing masing penerima," ujarnya.

Baca: Ketika Ratusan Penduduk Dievakuasi, Para Turis Malah Asyik Berfoto di Depan Letusan Gunung Agung

Baca: Stok 29 Ton Beras Tersedia di Lumbung Pangan, Begin Cara Dinas Menjaga Kualitas Gabah Setiap Tahun

Untuk tahun 2017 Pemerintah Pusat mengubah kriteria daerah tertinggal, sehingga ada daerah yang sebelumnya mendapatkan namun tahun ini tidak lagi.

Seperti Kecamatan Paminggir, meskipun letaknya paling jauh dengan pusat kota Amuntai dan hanya bisa ditempuh menggunakan transportasi air namun guru di Kecamatan Paminggir tidak lagi termasuk menjadi penerima tujangan daerah tertinggal.

Penilaian dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui Dapodik dan terpilih beberapa desa di HSU. "Kami hanya menyerahkan data melalui Dapodik, Pemerintah Pusat memilih desa sangat tertinggal sesuai dengan kriteria yang mereka gunakan," ungkapnya.

Guru yang mendapatkan tunjangan khusus adalah yang mengajar di desa sangat tertinggal. Desa desa tersebut antara lain Kayakah, Murung Panggang dan Panyiuran di Kecamatan Amuntai Selatan. Desa Mawar Sari dan Pinang Habang di Kecamatan Amuntai Tengah. Untuk Kecamatan Amuntai Utara yaitu Desa Padang Luar.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help