Berita Kotabaru

Andi Sebut Cuaca di Perairan Pulau Sembilan Sulit Ditebak

Sejak beberapa pekan terakhir cuaca ekstrem terjadi di perairan Pulau Sembilan. Cuaca ekstrem disertai angin kencang sulit diprediksi

Andi Sebut Cuaca di Perairan Pulau Sembilan Sulit Ditebak
M Hafiz
Kawasan Pulau Sembilan Kotabaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Sejak beberapa pekan terakhir cuaca ekstrem terjadi di perairan Pulau Sembilan. Cuaca ekstrem disertai angin kencang sulit diprediksi karena terjadi secara mendadak akibat perubahan angin yang tidak menentu.

Cuaca ekstrem disertai angin kencang mengakibatkan ombak besar di perairan Pulau Sembilan, Kecamatan Pulau Sembilan membuat nelayan setempat memilih untuk istirahat melaut.

"Sulit diprediksi. Cepat sekali perubahannya. Terutama saat angin barat ombaknya besar. Sulit ditebak, ya mungkin karena pancaroba," kata Herry Amiarso, salah seorang warga Pulau Marabatuan, Minggu (3/12/2017).

Herry mengungkapkan, cuaca ekstrem yang sulit diprediksi terjadi di perairan Selat Jawa, ketika memasuki awal tahun selain berdampak terganggunya pelayaran ke Pulau Sembilan.

Baca: Waspada Banjir di HSS, Ini Persiapan yang Dilakukan BPBD HSS

Namun berbeda cuaca ekstrem terjadi sekarang ini, cuaca buruk yang terjadi secara cepat atau tiba-tiba membuat sebagian besar nelayan cemas dan ragu ketika akan melaut.

Akibatnya bukan saja pendapatan nelayan drastis turun. Tapi sebagian dari nelayan yang tidak melaut harus menyisakan hutang karena tidak ada penghasilan.

"Ini sekarang posisi saya ada di perintis (kapal). Tadi sempat berbincang dengan nelayan kalau pendapatan mereka sangat jauh menurun," ucapnya.

Sementara diketahui, tiga pulau di Kecamatan Pulau Sembilan yang berpenghuni. Antara lain Pulau Marabatuan, Matasirih dan Maradapan mayoritas penduduknya berpenghasilan nelayan.

Tidak ada penghasilan lain, musim paceklik terjadi setiap tahun menyelumuti warga lantaran tidak bisa melaut.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved