BanjarmasinPost/
Home »

Video

Berita Banjarbaru

NEWSVIDEO: Keren, Nasi Kebuli Terpanjang di Dunia Ada di Banjarbaru

Nasi kebuli tersebut berjumlah 1400 porsi dan dijajarkan sepanjang 140 meter. Nasi kebuli ini dimasak oleh sekitar 1500 orang

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pemko Banjarbaru mengadakan pemecahan rekor nasi kebuli terpanjang di dunia. Nasi kebuli sepanjang melebihi panjang balaikota Banjarbaru itu disiapkan untuk dibagikan, Minggu (3/12/2017).

Nasi kebuli tersebut berjumlah 1400 porsi dan dijajarkan sepanjang 140 meter. Nasi kebuli ini dimasak oleh sekitar 1500 orang dari 15 katering di Banjarbaru.

Beras yang digunakan untuk membuat nasi ini yaitu beras unus asli Banjar. Diperlukan 15 blek beras yang dimasak masing-masing katering satu blek.

Baca: Link Live Streaming beIN Sport Liga Italia - Benevento vs AC Milan, Kick Off 18.30 WIB

Baca: Jika AHY Diduetkan dengan Jokowi di Pilpres 2019, Ini yang Terjadi Menurut Survei

Baca: TKW Ini Menarik Mata Dunia Karena Jepretannya di Waktu Luang, Mengejutkan Nasibnya Sekarang

Nasi Kebuli yang merupakan maskot kuliner Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan merupakan nasi yang dimasak dengan santan.

Hampir mirip dengan nasi dari daerah atau negara lain, misalnya nasi uduk dari Jakarta, Nasi Lemak dari Malaysia namun nasi kabuli memilki ciri khas khusus.

Nasi kabuli diberi topping rabuk ikan haruan atau gabus, dan diberi irisan tipis telur dadar serta tambahan mageli. Berbeda dengan nasi lemak dan nasi uduk, tak ada campuran mageli dan rabuk atau abon ikan haruan.

Baca: Live Streaming Observasi Supermoon Malam Ini, Cara Paten Mengamati Bulan Jika Langit Mendung

Beras yang digunakan untuk membuat nasi kabuli sendiri juga merupakan beras Banjar yang kecil sehingga tidak menggumpal.

Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani, mengatakan Pemecahan rekor nasi kabuli terpanjang di Indonesia ini merupakan satu rangkaian Banjarbaru Food and Culinary Festival. Pemecahan rekor tersebut ramai didatangi wargam satu di antaranya adalah warga Banjarbaru, Faiza. Dia mengatakan sengaja datang ke balaikota untuk mencicipi nasi kebuli favoritnya.

Penulis: Milna Sari
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help