Berita Balangan

Usulan Pembangunan RPH di Balangan Baru Belum Ada Kepastian

Pihak Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan masih terus berupaya keras untuk merealisasikan pembangunan Rumah Pemotongan Hewan (PRH)

Usulan Pembangunan RPH di Balangan Baru Belum Ada Kepastian
banjarmasinpost.co.id
lokasi RPH di Batumandi terkunci karena tak pernah digunakan sama sekali. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pihak Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan masih terus berupaya keras untuk merealisasikan pembangunan Rumah Pemotongan Hewan (PRH) yang baru.

Pasalnya, keberadaan RPH yang sekarang yaitu berlokasi di Batumandi tak pernah difungsikan karena tak sesuai lokasinya alias tak strategis.

Sebelumnya, pihak Dinas Pertanian sudah mengusulkan di anggaran DAK APBN tahun 2018 sebesar Rp 1,2 Miliar untuk membangun RPH baru yang diwacanakan berlokasi di Kecamatan Lampihong sesuai keinginan para penjagal.

Baca: Pria Yang Mengaku Punya Indra Keenam Ini Ramalkan Tsunami Dahsyat Bakal Hantam Asia Akhir 2017

Saat dikonfirmasi, Selasa (5/12/2017) Kabid Peternakan, Mahrita membenarkan bahwa usulan pembangunan RPH baru telah diusulkan di DAK APBN 2018 dengan anggaran Rp 1,2 miliar.

"Namun hingga kini belum ada kepastian apakah disetujui atau tidak, makanya kami juga masih menunggu informasi tersebut," katanya.

Namun, pihaknya terus berupaya mencari solusi lain, karena status RPH yang ada ini milik pusat yang dibangun melalui provinsi, sehingga saat ini belum dihibahkan ke daerah.

Baca: Ritual Mandi-mandi yang Sering Digelar di Candi Agung Amuntai, dari Tolak Bala Sampai Kebal Senjata

"Nah kami juga mendapatkan informasi bahwa nanti RPH tersebut akan dihibahkan ke daerah di 2018, jika sudah dihibahkan maka resmi menjadi milik aset daerah," ungkapnya.

Dengan demikian, jika sudah dihibahkan maka peluang untuk menganggarkan RPH baru bisa dilakukan, namun harus membentuk perda RPH terlebih dulu.

Baca: Misteri Penampakan Sosok Berbaju Hitam di Candi Agung Amuntai, Siapakah Dia?

"Jika 2018 nanti dihibahkan maka akan segera kami tindaklanjuti, usulan sebelumnya melalui DAK APBN 2018 bisa diabaikan," ujarnya.

Disebutkannya, alasan wacana RPH baru yang berlokasi di Lampihong karena selama ini, penjagal yang banyak ada di Lampihong dan Paringin, serta penjagal di Lampihong siap menyediakan lahannya.

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved