Anggota DPD RI Ini Janji Hidupkan Permainan Baahui

Meski kini cara tradisional itu tak ada lagi di lingkungan petani, ia berharap komunitas Pendamai Banua bisa menghidupkan permainan itu.

Anggota DPD RI Ini Janji Hidupkan Permainan Baahui
istimewa
Komunitas Pendamai Banua ceria berpose bersama 

BANJARMASINPOSt.CO.ID, BANJARMASIN - Tahu tidak kesenian khas Banua yang hampir punah, Baahui? Pertanyaan ini dilontarkan anggota Dewan Perwakilan Daerah RI H Habib Hamid Abdullah kepada masyarakat dan anggota Komunitas Kampung Permainan Tradisional Pendamai Banua di Teluktiram, Banjarmasin.

Sebagian besar anggota Komunitas Pendamai Banua banyak yang tidak tahu. Mereka hanya mengenal permainan tradisional seperti bacatuk kepala haruan, balogo, engrang, bakiak, asinan, balewang dan lainnya.

Mendengar jawaban tersebut, Habib Hamid yang berasal dari Basirih, Banjarmasin, ini pun langsung memberi contoh permainan Baahui. Ia kemudian membawakan dua buah patun diselingi sahutan ahui... ahui sambil melakukan gerakan menginjak padi dan berjalan berputar.

"Permainan Ahui ini sekarang hampir punah. Permainan ini memeragakan cara memisahkan padi dari tangkainya. Sekarang kan caranya tidak lagi diinjak, tapi pakai mesin," sebut Habib Hamid.

Meski kini cara tradisional tersebut tidak ada lagi di lingkungan petani, tapi dirinya berharap komunitas Pendamai Banua ini kembali menghidupkan permainan tersebut. “Saya akan terus melakukan sosialisasi melalui media budaya,” tegasnya.

Bukan hanya permainan kesenian tradisional seperti Balamut, tarian asli Banua dan lain-lainnya hampir punah pun harus sering ditampilkan.

"Saya kagum dan senang ada anak SMP yang bisa bermain Balamut. Kesenian ini perlu diadvokasi agar makin sering ditampilkan," cetusnya.

Saat sosialisasi budaya, anggota DPD RI ini juga senang karena ada sajian tarian Radap Rahayu serta permainan Balamut oleh Muhammad Maulidan Anwar, murid SMPN 6 Banjarmasin. Kegiatan itu ia lakukan, Rabu (29/11/2017) siang pekan lalu.

Ketua Kampung Permainan Tradisional Banua Pendamai M Suriani mengatakan pihaknya menyambut gembira usulan permainan Baahui tersebut.

"Insya Allah saya akan menghidupkan kembali permainan Ahui. Saya akan membeli padi yang bertangkai dan anggota komunitas melakukan permainan baahui," jelasnya.

Selengkapnya simak di koran Banjarmasin Post edisi, Kamis (07/12/2017).

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved