Ekonomi dan Bisnis

Infrastruktur Masih Jadi Hambatan Industri Bijih Besi Kalsel

Untuk bisa lakukan pemurnian secara utuh komoditas bijih besi, PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) salah satu perusahaan di industri

Infrastruktur Masih Jadi Hambatan Industri Bijih Besi Kalsel
banjarmasinpost.co.id/acm
Kunjungan dari Direktur Utama PT SILO Mayjend TNI (Purn) Soenarko MD, COO PT SILO Henry Yulianto dan jajaran manajemen PT SILO lainnya disambut langsung oleh Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group H G (P) Rusdi Effendi AR. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Untuk bisa lakukan pemurnian secara utuh komoditas bijih besi, PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) salah satu perusahaan di industri bijih besi Kalimantan Selatan (Kalsel) masih terkendala infrastruktur.

Dijelaskan Chief Operating Officer (COO) PT SILO Henry Yulianto, infrastruktur terkait energi masih menjadi hambatan karena belum 100 persen siap.

Hambatan ini menyebabkan besarnya biaya energi untuk proses produksi pemurnian bijih besi, akibatnya komoditas bijih besi produksi PT SILO masih sulit bersaing di pasar dunia karena kesulitan bersaing harga.

Baca: Terkait Temuan BPK RI Puluhan Miliar, Riduan Minta Aparat Hukum Berani Mengusut

Padahal biaya energi menjadi 30 persen komponen produksi pemurnian bijih besi.

Menurut Henry masalah perizinan juga masih menjadi hal yang harus diselesaikan PT SILO untuk bisa 100 persen fokus dalam usaha menjadikan Kalsel sebagai rumah industri pengolahan bijih besi yang mampu memproduksi dan mengolah komoditas ini hingga menjadi produk akhir.

Hal ini cukup disayangkan karena cukup banyak investor besar pun juga sebenarnya sudah berniat lakukan investasi termasuk di industri bijih besi di kawasan Sebuku.

Baca: Hari Ini Jalani Fit and Proper Test di DPR, Begini 8 Fakta Calon Panglima TNI Hadi Tjahjanto

"Kami berharap di tahun 2018 semua kendala perizinan bisa diselesaikan, karena disayangkan juga tenaga kerja di daerah di sana kan juga bagaimana," kata Henry.

Hal ini disampaikannya usai lakukan kunjungan di Kantor Banjarmasin Post Group, Rabu (6/12/2017). Kunjungan dari Direktur Utama PT SILO Mayjend TNI (Purn) Soenarko MD, COO PT SILO Henry Yulianto dan jajaran manajemen PT SILO lainnya disambut langsung oleh Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group H G (P) Rusdi Effendi AR.

Baca: Syarat Bisa Beli Rumah DP 0 Rupiah Gampang Banget Dipenuhi, Ayo Siapa Berminat?

Selain H G (P) Rusdi Effendi AR, turut hadir Pimpinan Perusahaan Banjarmasin Post Group Wahyu Indriyanta, Pimpinan Redaksi Banjarmasin Post dan jajaran manajemen Banjarmasin Post Group lainnya.

Usai pertemuan, H G (P) Rusdi Effendi AR sempat memberikan cinderamata Kamus Bahasa Banjar kepada Direktur Utama PT SILO Mayjend TNI (Purn) Soenarko MD.

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved