BanjarmasinPost/

Berita Tanahlaut

Pameran Bursa Inovasi Desa 2017 Terancam Batal Digelar

Kegiatan pameran bursa inovasi desa di Tanahlaut yang direncanakan pada pertengahan Desember 2017

Pameran Bursa Inovasi Desa 2017 Terancam Batal Digelar
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanahlaut, Muhammad Hanil 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kegiatan pameran bursa inovasi desa di Kabupaten Tanahlaut yang direncanakan terlaksanakan pada pertengahan Desember 2017 ini, terancam batal.

Padahal, keberadaan pemeran bursa inovasi desa tersebut merupakan kepatuhan dalam melaksanakan perintah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Desa memiliki dua kewenangan khusus, yaitu kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala Desa.

Untuk mendukung desa dalam pelaksanaan kedua kewenangan tersebut, Pemerintah telah mengucurkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sejak tahun 2015.

Baca: BREAKINGNEWS - Geger Lelaki Tak Bernyawa di Rumahnya Jalan Sulawesi Banjarmasin Tengah

Dengan adanya kuncuran dana ke desa-desa, diharapkan desa berkemampuan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Dalam rapat koordinasi perencanaan kegiatan pameran bursa itu dengan para tenaga ahli perdesaan dari tingkat desa, kecamatan dan tenaga ahli tingkat Kabupaten di Aula Barakat, Kantor Bupati Tanahlaut, Rabu (6/12/2017).

Informasi dihimpun, pameran bursa Inovasi Perdesaan itu dijadwal Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pada pertengahan Desember ini.

Rencananya, jika dana pameran bursa inovasi desa itu cair. Setelah tutuh hari diterima. Maka semua tenaga ahli perdesaan akan menggali potensi inovasi di desa tempat tugasnya masing-masing untuk persiapan pameran.

Kemal, tenaga ahli Kabupaten, menjelaskan kegiatan inovasi desa itu akan dibuatkan videonya agar menjadi contoh bagi desa lain. "Tujuan akhirnya memaksimalkan penggunaan dana desa. Adakah dampak bagi warga dengan adanya inovasi desa," katanya.

Baca: Live Streaming Liga Champions Shakhtar Donetsk vs Manchester City : Nasib Napoli Ada di Laga Ini!

Cuma kendalanya, ungkap Kemal, dana pameran bursa inovasi desa itu belum dicairkan dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanahlaut, Muhammad Hanil mengatakan kegiatan pameran bursa inovasi desa itu kali pertama dilaksanakan di Kabupaten Tanahlaut.

Cuma apabila rencana pameran bursa inovasi desa itu tahun gagal terlaksana. Maka pada 2018 nanti, pemerintah Kabupaten Tanahlaut yang akan melaksanakan sendiri.

Inovasi desa itu bukan berbentuk benda seperti pada pameran teknologi tepat guna. Tapi lebih kepada ide kreatif di Desa, seperti bagaimana membuat

"Tanpa dana dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bagaimana ongkos kegiatan teman-teman kesana kemari selama kegiatan pameran berlangsung," katanya. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help