BanjarmasinPost/
Home »

Video

Berita Kabupaten Banjar

NEWSVIDEO: Paman Birin Bawa Cangkul Ikut Tanam Pohon, Dalam Gelaran Tanam 3.500 Pohon pada HMPI

Kemarin digelar Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional 2017 digelar serentak di 13 Kabupaten/Kota di Kalsel.

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memegang cangkul dan dengan semangat menanam pohon Kasturi di kawasan kaki Bukit Pamaton Desa Kiram Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

Langkahnya itu, diikuti pula Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan dan para pejabat serta ratusan peserta yang hadir dalam giat Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

"Pas sekali hari ini udaranya dingin harinya hujan. Mudah-mudahan, tanaman yang kita tanam di gelaran hari ini bisa tumbuh dan menghijaukan kawasan ini,"ungkap Paman Birin, Kamis (7/12/2017).

Kemarin digelar Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional 2017 digelar serentak di 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalsel.

Baca: Anggota DPRD Tala Masih Rahasiakan Koalisi Partai yang Akan Usung Sukamta Maju di Pilkada Tala

Baca: Viral di Facebook! Ada Semburat Jingga di Langit Belakang Masjid Jami Kecamatan Batumandi Balangan

Baca: Luar Biasa, Setya Novanto Dipercaya Jaksa KPK Terima Rp 94,8 Miliar dari Andi Narogong

Di provinsi di pusatkan di kawasan Kaki Bukit Pamaton Desa Kiram Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

Kegiatan HMPI ini diawali dengan kegiatan apel yang diikuti jajaran kesatuan TNI, Polri serta UPT Kementerian LHK.

Terlihat Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Wakil Gubernur Rudy Resnawan serta Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya, Dandim 1006 Martapura M Ghoffur Ngismail, Wakapolres Banjar Kompol Aji Lukman Hidayat hadir di gelaran tersebut.

Digelaran hari menanam Indonesia ini dilaksanakan penanaman pohon sebanyak 3500 pohon jenis kasturi, matoa, Mahoni, trembesi serta jabon.

Baca: Sukses Berkarier di Korea Selatan, Yannie Kim Berbagi Cara Berakting di Instagram

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menjelaskan perlu kebersamaan kesadaran untuk menanam untuk keasrian alam untuk anak cucu kita.

Saat ini luas lahan kritis di Kalsel sebanyak 640.709 hektare. Oleh sebab itu, berbagai usaha harus dilakukan untuk menghijaukan kembali lahan kritis.

Aksi menanam pohon ini harus didukung dan masyarakat juga harus diajak berpartisifasi sehingga lahan kritis bisa dihijaukan.

"Jangan sampai kita mewariskan lingkungan hidup dalam kondisi rusak untuk anak cucu. Mereka berhak menikmati udara sehat dan segar," katanya.

Baca: Lukisan Yesus Karya Da Vinci Dibeli Pangeran Arab, Nilainya Rp 6 Triliun!

Hari menanam pohon ini diharapkan pula mampu merubah prilaku masrakat dan berperan serta dalam pemeliharaan lingkungan hidup.

Melalui gerakan revokusi hijau yang telah dicanangkan 3 Februri 2017 ditargetkan ditanam sebanyak 59 ribu pohon baik di kawasan HTI, hutan lindung, KPH, Hutan Produksi maupun hutan produksi terbatas.

"Saya berharap target ini bisa dicapai. Dengan berkurangnya lahan kritis daerah kita menjadi sejuk dan mengembalikan Kalsel menjadi paru-paru dunia," ungkap Sahbirin yang hadir bersama istri Hj Raudhatul Jannah.(Banjarmasin Post/Hari Widodo)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help