BanjarmasinPost/

Berita HST

Seru, Lomba Permainan Tradisional Meriahkan Hari Jadi Kabupaten HST ke-58

Upaya melestarikan permainan tradisional, kembali di perkenalkan dalam rangkaian menyambut hari jadi Kabupaten HSt ke-58.

Seru, Lomba Permainan Tradisional Meriahkan Hari Jadi Kabupaten HST ke-58
Istimewa
Permainan bakiak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Upaya melestarikan permainan tradisional, kembali di perkenalkan dalam rangkaian menyambut hari jadi Kabupaten Hulu Sungai Tengah, ke-58. Pemkab setempat menggelar lomba olahraga tardisional balogo dan dan bakiak (pakat terompah). Lomba terbuka untuk instansi  Pemerintahan dan para pelajar se-HST itu dilaksanakan mulai Senin, 12 Desember sampai 13 Desember mendatang.

Plh Kepala Dinas Kepemudaan dan Pariwisata  HST, H Amir Hasan, Kamis (7/12/2017) mnejelaskan, lomba olahraga permainan tradisional tersebut, ditujuakn kepada pelajar SMA/MA/SMK serta antar kalangan SOPD Pemkab HST, instansi vertical serta kalangan BUMN, BUMD. Adapun tempat pelaksanaannya, di lapangan Dwiwarna Barabai, serta di halaman Kantor BUupati HST untuk lomba balogo.

Baca: Aris Toteles: Pelabuhan Sampit Jadi Pintu Masuk Peredaran Obat PCC Pulau Kalimantan

Adapun syarat dan ketentuan untuk peserta  lomba sudah otomatis diberlakukan, di antaranya  berasal dari HST, serta syarat lainnya yang akan dijelaksan pada pertemuan teknis nanti.  “Untuk technical meeting sebelum pelaksanaan lomba, dilaksanakan  11 Desember mendatang. Pendaftaran, sudah dibuka sejak pengumuman  dikeluarkan secara resmi, dan ditutup pada 11 Desember mendatang, “kata Hasan.

Kegiatan lomba, dimulai sejak pukul 08.30 wita hingga selesai. Surat pemberitahuan, jelas Hasan sudah disebarkan ke seluruh dinas dan instansi serta sekolah-sekolah yang ada di HST. Mengenai hadiah, yang disediakan panitia, totalnya Rp 7.500.000.

Baca: Foto-foto Menghebohkan Berbagai Cahaya Langit di Kalsel, Indah dan Menakjubkan!

Masing-masing pemenang I klasifikasi pelajar dan instansi berhak atas uang tunai Rp 1,5 juta. Juara II masing-masing sebesar 1 juta rupiah, juara III masing-masing  Rp 750.000, serta juara harapan, atau IV masing-masing Rp 500.000. Lomba tersebut sebagai upaya turut meramaikan HUT- HST 2017.

Meski demikian, para peserta tetap diminta disiplin waktu, serta tetap bersikap sportif dan menjunjung tinggi nilai persahabatan dan silaturahmi antarlembaga dan antarelajar. Diharapkan, permainan ini juga melepaskan kerinduan para peserta, terhadap permainan tradisional. Sedangkan bagi pelajar sebagai generasi muda, diharapkan melestarikan. (*)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help