Berita Kabupaten Banjar

Waduh! Ada Madrasah Pungut Iuran Rp 200.000, Alasan Sekolah Sih untuk Ini

Pihak sekolah mengumpulkan sumbangan dari orangtua siswa untuk pembelian 10 laptop.

Waduh! Ada Madrasah Pungut Iuran Rp 200.000, Alasan Sekolah Sih untuk Ini
banjarmasinpost.co.id/rahmadhani
Ilustrasi: Di SMPN 24, para siswa banyak mengerjakan UNBK menggunakan laptop yang dipinjam dari orangtua. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA – Sejumlah madrasah di Kabupaten Banjar harus lintang-pukang menyiapkan sarana dan prasarana untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2018.

Sementara itu, MTs Syekh Khalid di Desa Pingaran Ilir di Kecamatan Astambul sempat ribut.

Pihak sekolah mengumpulkan sumbangan dari orangtua siswa untuk pembelian 10 laptop. Untuk pembelian laptop itu orangtua siswa diminta menyetor dana per siswa kepada sekolah sebesar Rp 200 ribu.

Guru Asnawi, Wakil Ketua Yayasan MTs Syekh Khalid yang dikonfirmasi membenarkan adanya pengumpulan dana kepada orangtua siswa. Dijelaskan dia, jumlah pungutan Rp 200 ribu per siswa itu sifatnya sukarela.

Baca: Kasihan! Madrasah di Kabupaten Banjar Lintang-pukang Persiapkan UNBK

Baca: Agus Sasirangan Sering Gunakan Kompor Induksi untuk Program Televisi di Jakarta

“Pembayarannya pun tidak sekaligus, tetapi bisa dicicil sedikit demi sedikit. Jika tidak bisa membayar pun tidak mengapa,” katanya.

Sekolah menumpang mengikuti UNBK di SMK Al Fatah. Namun, karena siswa mereka cukup banyak jumlahnya 81 siswa, sehingga pihaknya diminta menyiapkan sedikitnya 20 laptop.

Sementara di sekolah itu, hanya ada 2 komputer serta tiga laptop milik guru. Menutupi kekurangan komputer itulah diagendakan pembelian laptop sebanyak sepuluh unit.

“Karena 20-21 November digelar simulasi UNBK di SMK Al Fatah, akhirnya pembelian laptop ditalangi dari dana yayasan. Jadi, ini bukan pungli ini hanya untuk mencari solusi,” jela Asnawi.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved