Berita HSS

Anggaran Renovasi Mengembalikan Keaslian Masjid Baangkat Simpur Telan Ratusan Juta Rupiah

Renovasi masjid Su'ada di Desa Wasah Hilir Kecamatan Simpur Hulu Sungai Selatan (HSS) mencapai biaya lebih dari setengah miliar.

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Renovasi masjid Su'ada di Desa Wasah Hilir Kecamatan Simpur Hulu Sungai Selatan (HSS) mencapai biaya lebih dari setengah miliar.

Kabid kebudayaan dinas pendidikan HSS, Sri Wiyono mengatakan renovasi masjid Su'ada untuk mengembalikan ke bentuk aslinya menggunakan dana APBD murni 2017.

"Pengerjaan renovasi masjid Su,ada dilakukan sejak Juli lalu dan saat ini sudah tahap finishing," katanya, Jumat, (8/12).

Dana yang digunakan untuk renovasi masjid dari APBD murni 2017 sebesar Rp 779 juta.

Baca: Kembalikan Keaslian Masjid Baangkat, Ini yang Dilakukan Kabid Kebudayaan Disdik HSS

Baca: Memilukan! Bocah 12 Tahun Ini Sudah 2 Tahun Tinggal Dikandang Sendirian Dalam Rumahnya

Dana ini digunakan untuk mengembalikan keaslian masjid. Mulai dari dinding luar dan dalam. Pengembalian tiang masjid seperti asalnya dan atap masjid yang menggunakan sirap ulin.

Selain itu, engsel pintu masjid juga dikembali ke bentuk aslinya. Fasilitas pendukung juga dilengkapi untuk bagian dalam masjid yang bersumber dari dana yang ada.

"Kipas angin yang menempel di dinding masjid dilepas. Agar tidak merusak keaslian dinding masjid. Untuk pendingin ruangan diganti bentuk AC berdiri," lanjutnya.

Baca: Jadwal SIARAN LANGSUNG Liga Inggris: Super Derby! MU Vs Man City, Liverpool Vs Everton

Renovasi masjid yang dilakukan, dikatakannya tidak bisa sembarangan. Sebab, harus mengacu dengan UU No 11 tahun 2010 tentang cagar budya.

Selain itu, pengerjaannya yang dilakukan juga harus berhati-hati agar tidak merusak keaslian dari bangunan masjid Su'ada. (*)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved