Berita Banjarmasin

Berdayakan Pemulung, Pengusaha Muslimah Kalsel Dapat Kunjungan Pengurus Ipemi Palangkaraya

Baru seumur jagung, Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Kalsel melakukan terobosan dengan memanfaatkan

Berdayakan Pemulung, Pengusaha Muslimah Kalsel Dapat Kunjungan Pengurus Ipemi Palangkaraya
BANJARMASINPOST.co.id/syaiful anwar
Ipemi Kalsel menerima kunjungan Ipemi Palangkaraya, Sabtu (9/12/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Baru seumur jagung, Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Kalsel melakukan terobosan dengan memanfaatkan limbah dari pemulung dan dijual ke Surabaya dan Jakarta.

"Kami memberdayakan semua hasil pemulung yang ada di Mantuil dan kawasan Trisakti Banjarmasin untuk dibeli," cerita Ketua PW IPEMI Kalsel, Hairun Nisa saat menerima kedatangan pengurus DP Ipemi Palangkaraya, Kalteng, di Rumah Anno Banjarmasin, Sabtu (9/12/2017).

Setelah itu, lanjut dia, plastik dari pemulung itu didaur ulang dan dijual ke Surabaya dan Jakarta.

"Kita memberdayakan pemulung dan juga membina anggota Ipemi berwirausaha," paparnya.

Selain itu, lanjut anggota DPRD Kota Banjarmasin ini, mereka juga punya produk unggulan berupa buket dari kain Sasirangan, tas dan sasirangn buatan UKM binaan Ipemi Kalsel.

"Kedatangan PD Ipemi Palangka ke sini, membuat kita bisa sharing dalam memproduk karya masing-masing. Bisa juga produk kita dijual ke Kalteng," paparnya.

Sekretaris PWIpemi Kalsel, Yasmi Qamarani menambahkan, kalau buket karya mereka sudah diperkenalkan ke ibu Presiden, Menteri dan lain-lainnya.

"Kita berharap produk dari PW Ipemi Kalsel bisa diterima di nasional dan internasional, karena memiliki ke khasan sendiri, sasirangan," tegasnya.

Sementara itu, kedatangan DP IPEMI Palangka dipimpin ketuanya, Ny Norhaena Barlen dan sekretaris Sri Rimbawani

"Kami berkunjung ke sini selain menjalin silaturrahmi dengan IPEMI Kalsel, juga perekonomian dan perdagangan di Banjarmasin lebih maju dibanding Palangka," papar Norhaena.

Dia berharap, dengan silaturrahmi ini nantinya bisa sharing dalam produk maupun penjualan karya masing-masing.

Menurut dia, produk unggulan IpemiPalangka berupa rotan yang dibikin meja dan kursi, sandal, topi, sepatu dan lain-lainnya.

"Kami juga memanfaatkan getah dibikin miniatur kapal, patung dayak dan lain-lain," tegasnya.

Mengingat Banjarmasin perekonomian lebih maju, diharapkan melalui silaturrahmi bisa sharing serta produk mereka bisa dipasarkan disini. (BANJARMASINPOST.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved