Ekonomi dan Bisnis

Catat! Operasi Pasar di Kalsel Mulai Diluncurkan

Program yang merupakan kerjasama antara Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel dan Perum Bulog Divre Kalsel ini resmi diluncurkan di

Catat! Operasi Pasar di Kalsel Mulai Diluncurkan
istimewa via BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Abdul Haris Makkie, meluncurkan program Operasi Pasar dan Gerakan Stabilisasi Pangan, Selasa (12/12/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Abdul Haris Makkie, meluncurkan program Operasi Pasar dan Gerakan Stabilisasi Pangan, Selasa (12/12/2017).

Program yang merupakan kerjasama antara Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel dan Perum Bulog Divre Kalsel ini resmi diluncurkan di halaman Sekretariat Dekranasda Provinsi Kalsel.

Selain Sekda Provinsi Kalsel turut hadir pula Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel H Birhasani dan Kepala Perum Bulog Kalsel Dedi Supriady.

Pada hari peluncuran program ini ada 3 titik operasi pasar yaitu di Banjarmasin dengan kuota beras 150 ton, Banjarbaru 50 ton dan Kabupaten Banjar 100 ton beras.

Pada program ini beras yang dijual merupakan beras kualitas medium dan diberlakukan harga eceran tertinggi (HET) Rp 8.100 perkilogram.

Dijelaskan H Birhasani, beras yang digunakan selama program ini merupakan beras cadangan milik pemerintah provinsi maupun kabupaten kota.

Cadangan beras ini memang digunakan untuk beberapa tujuan diantaranya seperti penanggulangan bencana maupun stabilisasi harga seperti yang dilakukan pada program ini.

"Sekarang kami gunakan untuk stabilisasi harga beras jelang natal dan tahun baru, selain itu juga mengantisipasi terhambatnya distribusi beras yang sebagian didatangkan dari Jawa akibat cuaca tidak menentu," kata H Birhasani.

Menurutnya pemerintah tidak membatasi kuota beras selama program ini, pihaknya dan Bulog siap menyuplai beras termasuk jika ada permintaan pengusaha-pengusaha baik di kabupaten maupun kota yang ingin menjual beras dari Bulog.

"Tidak ada batasan, kami prioritaskan sampai tahun baru," kata H Birhasani. (BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved