BanjarmasinPost/

Berita Regional

Selamatkan Rp 13 Miliar Uang Negara, Ini Komentar Mengejutkan Kajati Soal Korupsi di Kaltim

Sejak menginjakkan kakinya di Bumi Etam, Fadil sudah menyatakan targetnya untuk menyelamatkan uang dari hasil kerugian negara.

Selamatkan Rp 13 Miliar Uang Negara, Ini Komentar Mengejutkan Kajati Soal Korupsi di Kaltim
Tribun Kaltim/Budhi Hartono
Kepala Kejati Kaltim Timur Fadil Zumhana 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMARINDA - Sudah lebih setahun Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur dipimpin Fadil Zumhana. Pria yang pernah menjabat Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung ini disebut-sebut sosok yang 'lurus' dan tidak pilih kasih dalam menegakan hukum.

Selama menjabat Kajati Kaltim, lembaga yang dipimpinnya telah berhasil menangani sejumlah perkara korupsi. Tak tanggung-tanggung uang kerugian negara yang terselamatkan mencapai Rp 13 miliar.

Beberapa kasus dugaan korupsi yang menyita perhatian publik di Kaltim, di antaranya kasus proyek penangkal ombak Pantai Beras Basah di Botang. Ada 11 tersangka dijebloskan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Sempaja.

Baca: Diterpa Isu Pelakor, Sang Karyawan Ungkap Fakta Mengejutkan Saat Umi Pipik Hadapi Fans Pria

Baca: Waduh! Wabah Difteri Sudah Sampai ke Kaltim, Simak Gejala dan Cara Pencegahannya

Ada juga oknum pejabat di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kaltim, dan kontraktor (pengawas dan konsultan) terseret kasus dugaan korupsi proyek. Perkara itu kini sedang dalam proses persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Samarinda.

Dari perkara tersebut, Kejati Kaltim berhasil menyelamatkan kerugian negara Rp 1 miliar lebih dari total kerugian negara Rp 9 miliaran.

"Kerugian negara yang diselamatkan sebanyak Rp 13 miliar. Itu dari Kejati Kaltim dan Kejari di Kaltim dan Kaltara selama 2017," ungkap Fadil didampingi Wakil Kajati Kaltim M Yusuf kepada Tribun, di Gedung Kejati, Jalan Bung Tomo, Samarinda, belum lama ini.

Baca: Waspada, Difteri KLB di Indonesia, Wabahnya Sudah Sampai di Kaltim, Kenali Gejala Penyakit Kuno Ini

Dari total uang kerugian negara yang berhasil diselamatkan Rp 13 miliar, khusus Kejati Kaltim menyumbangkan Rp 5 miliaran. Jumlah berkas perkara yang ditangani sebanyak 17 perkara.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help