Berita Balangan

Longsor di Tebing Tinggi Sudah Bersih, Lihat Begini Upaya BPBD Balangan

Longsor yang terjadi pada pukul 03.20 tersebut dikarenakan adanya hujan deras yang menimpa wilayah tersebut.

Longsor di Tebing Tinggi Sudah Bersih, Lihat Begini Upaya BPBD Balangan
Istimewa
Longsor yang sempat melanda Desa Ajung Kecamatan Tebing Tinggi pada Senin (11/12/2017) kemarin kini sudah berangsur lancar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Longsor yang sempat melanda Desa Ajung Kecamatan Tebing Tinggi pada Senin (11/12/2017) kemarin kini sudah berangsur lancar.

Longsor yang terjadi pada pukul 03.20 tersebut dikarenakan adanya hujan deras yang menimpa wilayah tersebut.

Sejumlah personel BPBD Balangan pada Rabu (13/12/2017) pukul 13.00 wita turun kelapangan melakukan giat pembersihan akses jalan yang sempat tertutup longsor.

Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love melalui Kasi Kedaruratan, Muhammad Syuhada, Kamis (14/12/2017) mengatakan saat ini akses jalan sudah bila dilalui roda dua.

"Namun untuk roda empat masih belum bisa dilalui," ujarnya.

Sementara itu menurut, Badan Geologi Pusat Volkanologi Mitigasi Bencana Geologi pernah merilis wilayah potensi gerakan tanah, untuk di Kalimantan Selatan ada sembilan kabupaten masuk di antaranya Kabupaten Balangan.

Data tersebut diterima oleh BPBD Balangan pada September 2016 sebagai bahan acuan untuk melakukan antisipasi.

Dalam rilis tersebut di Kabupaten Balangan ada dua daerah yang berpotensi adanya gerakan tanah tingkat menengah yakni Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi.

Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, terutama pada daerah berbatasan dengan lembah sungai, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

"Kami lakukan antisipasi dengan melaksanakan sosialisasi ke masyarakat dan aparat desa agar ini menjadi kewaspadaan bersama, dan berharap dua wilayah tersebut aman," pungkasnya.

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help