Dugaan Korupsi KTP El

Setelah Ditilik Ternyata Ada 10 Hal Menarik dalam Sidang Perdana Setya Novanto

Berbagai peristiwa terjadi sejak Rabu pagi hingga malam hari. Berikut 10 hal menarik yang dirangkum

Setelah Ditilik Ternyata Ada 10 Hal Menarik dalam Sidang Perdana Setya Novanto
Terdakwa kasus korupsi e-KTP Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (13/12/2017).(KOMPAS.com/Garry Andrew Lotulung) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Peristiwa luar biasa terjadi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (13/12/2017). Sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan terhadap Ketua nonaktif DPR Setya Novanto diwarnai drama panjang hingga memakan waktu berjam-jam.

Berbagai peristiwa terjadi sejak Rabu pagi hingga malam hari. Berikut 10 hal menarik yang dirangkum dalam persidangan:

1. Novanto hanya diam dan menunduk saat ditanya hakim.

Setya Novanto cuma diam dan menunduk sejak pertama kali duduk di kursi terdakwa. Pertanyaan apa pun yang dilontarkan ketua majelis hakim, Novanto tidak menanggapi sedikit pun.

Novanto yang mengenakan kemeja putih itu memang bersikap selayaknya orang yang sedang dalam kondisi tidak sehat. Novanto seolah-olah tidak dapat menggunakan indra pendengarannya.

Ia juga menunjukkan sikap seperti tak mampu berbicara. Ketua majelis hakim sampai berulang kali mengajukan pertanyaan kepada Novanto.

2. Novanto mengaku diare sampai 20 kali ke toilet, jaksa sebut hanya dua kali.

Jaksa KPK Irene Putri mengatakan, Novanto sudah diperiksa dokter dan dinyatakan sehat serta dapat menjalani persidangan.

Menurut Irene, berdasarkan pengakuan pengawal tahanan yang menjaga Novanto di Rumah Tahanan KPK, Novanto tidak bolak-balik ke toilet karena diare.

Dari laporan pengawal tahanan, Novanto hanya dua kali ke toilet, yakni pukul 23.00 WIB dan pukul 02.30 WIB. Novanto juga kedapatan sedang tertidur nyenyak pada malam hari.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help