Berita Hulu Sungai Selatan

Ada Musibah Banjir dan Longsor, Ini yang Dilakukan Polsek Padang Batung

Adanya musibah longsor di Desa Malutu Kecamatan Padang Butung, Hulu Sungai Selatan (HSS) langsung disikapi

Ada Musibah Banjir dan Longsor, Ini yang Dilakukan Polsek Padang Batung
(Polsek Padang Batung)
Polsek Padang Batung melakukan bakti sosial di Desa Malutu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Adanya musibah longsor di Desa Malutu Kecamatan Padang Butung, Hulu Sungai Selatan (HSS) langsung disikapi serius oleh Polres HSS.

Jumat (15/12), Polres HSS melalui Polsek Padang Batung langsung bergerak melakukan bakti sosial dengan membantu korban musibah luapan air Sungai Amandit yang terjadi, Kamis (14/12/2017).

Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko melalui Kapolsek Padang Batung Iptu Imam Suryana langsung memimpin anggota untuk menyerahkan bantuan sembako.

Korban musibah banjir dan longsor yang mendapatkan bantuan yakni empat warga di Desa Malutu yang rumahnya mengalami longsor dan terseret luapan air Sungai Amandit serta satu warga di Desa Durian Rabung yang mengalami kebanjiran terparah.

Baca: Hasil Dubai Super Series 2017 - Runner Up Grup A, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya ke Semifinal

"Semoga dengan adanya bantuan paket sembako, diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang terkena musibah banjir dan tanah longsor," kata Iptu Imam Suryana.

Sekadar diketahui, pada Kamis (14/12/2017) terjadi luapan debit arus sungai Amandit di Kecamatan Loksado yang mengakibatkan adanya longsor di Desa Malutu Kecamatan Padang Batung.

Baca: Live Streaming Final Piala Dunia Antar Klub 2017 Real Madrid vs Gremio, Peluang Cristiano Ronaldo

Longsor terjadi dipingiran sungai yang ada rumah penduduk. Sehingga mengakibatkan adanya empat rumah yang mengalami kerusakan.

Berdasarkan data yang dihimpun, empat rumah warga Desa Malutu yang ikut terserat luapan air terjadi di RT 01. Ada rumah milik Aini yang mengalami kerusakan 50 persen.

Selanjutnya ada rumah Suhaimi dan Rahmadi yang mengalami kerusakan 20 persen dan rumah Mar'I mengalami kerusakan hampir 100 persen.

Mereka juga sudah mendapatkan bantuan dari Pemkab HSS melalui BPBD HSS yang secara langsung menyerahkan bantuan pada Kamis, (14/12/2017) pasca terjadi musibah. Bantuan yang diberikan berupa paket sembako dan tenda keluarga.

Baca: 10 Makanan Ini Membuat Sperma Lebih Banyak, Gesit dan Kuat, Nomor 4 Paling Mudah Didapat!

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik HSS Efran mengatakan pihaknya sudah menyalurkan bantuan kepada korban luapan air Sungai Amandit.

"Bantuan untuk korban di Desa Malutu sudah diserahkan kemarin. Bantuan logistik berupa sembako dan tenda keluarga," katanya, Jumat, (15/12/2017).

Untuk kondisi debit air sungai Amandit, dikatakannya sudah kembali normal. Namun pihaknya tetap melakukan pemantuan debit air Sungai Amandit. Sehingga, bila ada luapan debit air Sungai Amandit bisa segera diinformasikan ke warga supaya bisa waspada.

Penulis: Aprianto
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help