Yuppies Creativity

Yuppies Creativity: Peserta Paparkan Hasil Recycle Art, dari Baju Dayak hingga Tutup Lampu

Diskusi interaktif antara seluruh peserta lomba dan pembicara terjadi saat Workshop Recycle Art di Gedung Juang, Tanjung

Yuppies Creativity: Peserta Paparkan Hasil Recycle Art, dari Baju Dayak hingga Tutup Lampu
banjarmasinpost.co.id/rendy nicko
Workshop Recycle Art 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TABALONG - Diskusi interaktif antara seluruh peserta lomba dan pembicara terjadi saat Workshop Recycle Art di Gedung Juang, Tanjung, Kabupaten Tabalong, Minggu (17/12).

Masing-masing peserta lomba Recycle Art yang berasal dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel ini memaparkan produk yang dilombakan di hadapan seluruh peserta.

Para peserta pun ditanya perihal bahan, fungsi dan nilai ekonomis produk yang dihasilkan oleh Muhammad Arifin, Pegiat Rumah Kreatif.

"Tudung lampu ini dari botol minuman bekas yang banyak ditemui di sekolah. Kami potong-potong dan bentuk beraneka macam. Kemudian ditempel pakai lem. Ketika lampunya dihidupkan, bisa muncul beraneka ragam warna," ucap peserta dari Tanah Bumbu.

Baca: Yuppies Creativity : Peserta Mading 3D Adu Kreatif di Pendopo Bupati Tabalong

Kreasi unik juga ditunjukkan oleh perwakilan dari Banjarmasin.

Mereka membuat pakaian khas Dayak yang bahannya dibuat dari karung renda yang didapat di Pasar Bawang, Banjarmasin.

"Bahan utama dari karung renda. Selendang dan pernak-pernik lain dari tali rafia, sedotan bekas dan banyak bahan bekas lain. Contoh ini diambil dari Dayak kreasi dan biasa dipakai dalam tari Giring-giring," jelas peserta dari Banjarmasin.

Sementara itu, Pegiat Rumah Kreatif Muhammad Arifin mengatakan, masing-masing peserta lomba harus bisa mempertanggungjawabkan hasil produk Recycle Art yang sudah dibuat.

Baca: Yuppies Creativity - Worskhop Film Pendek, Gedung Informasi Tanjung Berasa Seperti Bioskop

"Biar semua peserta tahu, ini bahannya dari apa? Gimana proses buatnya? Trus fungsinya apa? Jadi ke depan semua peserta yang ada bisa membuat juga kemudian dikembangkan lagi," kata Arifin.

Ya, kegiatan Workshop Recycle Art adalah rangkaian kegiatan Adaro Yuppies Creativity yang digelar mulai 16-18 Desember 2017.

Ini adalah hajatan terbesar millenials di penghujung 2017 yang digelar Banjarmasin Post Group, PT Adaro Energy, Pemkab Tabalong dan Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel.

Penulis: Rendy Nicko
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved