Berita Tabalong

Memberikan Secercah Harapan Bagi Masa Depan yang Lebih Terang

INDONESIA menjadi salah satu negara yang memiliki presentase kebutaan cukup tinggi di dunia.

Memberikan Secercah Harapan Bagi Masa Depan yang Lebih Terang
istimewa
Kegiatan Operasi Buta Katarak Gratis yang dilaksanakan di Puskesmas Mabuun dan Jaro pada 17-20 Desember 2017 ini bekerjasama dengan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) sebagai pelaksana kegiatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - INDONESIA menjadi salah satu negara yang memiliki presentase kebutaan cukup tinggi di dunia. Katarak menjadi penyebab lebih dari 50% alasan kebutaan yang ada di Indonesia.

Dengan jumlah kasus baru penderita Katarak setiap tahunnya diperkirakan terus bertambah 0.1 persen dari jumlah penduduk atau 250 ribu orang setiap tahunnya.

Meski penyakit ini umumnya ditemukan pada masyarakat lanjut usia atau sering disebut Katarak manula, namun Katarak dapat ditemui masyarakat dengan rentang usia muda.

Penyebab Katarak sendiri cukup beragam, cidera mata yang pernah dialami, diabetes, hingga paparan sinar Ultraviolet berlebihan yang terjadi secara terus menerus menjadi penyebab seseorang dapat menderita Katarak.

Letak geografis yang berada di garis Khatulistiwa menjadi salah satu penyebab maraknya kasus Katarak di Indonesia.

Baca: Sunan Kalijaga dan Taqy Malik Berseteru? Isi Percakapan Keduanya Viral!

Berdasarkan hasil survey Komisi Mata Nasional tahun 2014-2015, menemukan fakta bahwa kebutaan nasional pada penduduk berusia di atas 50 tahun meningkat sebanyak 2.4%.

Sedangkan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan setiap menit terdapat 12 orang di dunia mengalami kebutaan dan 4 orangnya berasal dari Asia Tenggara, sedangkan di Indonesia diperkirakan setiap menitnya terdapat satu orang menjadi buta karena Katarak.

Seorang pasien sudah selesai menjalani operasi katarak pada Kegiatan Operasi Buta Katarak Gratis yang dilaksanakan di Puskesmas Mabuun dan Jaro, pada 17-20 Desember 21017, ini bekerja sama dengan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) sebagai pelaksana kegiatan.
Seorang pasien sudah selesai menjalani operasi katarak pada Kegiatan Operasi Buta Katarak Gratis yang dilaksanakan di Puskesmas Mabuun dan Jaro, pada 17-20 Desember 21017, ini bekerja sama dengan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) sebagai pelaksana kegiatan. (Istimewa)

Tingginya angka kebutaan akibat Katarak ini kemudian mendorong PT. Makmur Sejahtera Wisesa (MSW) untuk melakukan program penanggulangan buta Katarak pada akhir tahun 2017.

Kegiatan Operasi Buta Katarak Gratis yang dilaksanakan di Puskesmas Mabuun dan Jaro pada 17-20 Desember 2017 ini bekerjasama dengan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) sebagai pelaksana kegiatan.

Halaman
123
Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help