Berita Kabupaten Banjar

PDAM Intan Banjar Raih Prestasi Nasional, Syaiful Anwar: Karena Penerapan TI

Di bawah kepemimpinan Syaiful Anwar, PDAM Intan Banjar bisa membangun sebuah kantor yang sangat representatif

PDAM Intan Banjar Raih Prestasi Nasional, Syaiful Anwar: Karena Penerapan TI
istimewa
DIREKTUR Utama PDAM Intan Banjar, Syaiful Anwar (dua dari kanan) dan Dirtek H Said Umar (paling kanan) bersalaman dan foto bersama Bupati Banjar H Khalilurrahman dan Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani (paling kiri). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - JIKA melihat perkembangan dan kemajuan PDAM Intan Banjar tidak salah jika Bupati Banjar H Khalilurrahman menyatakan PDAM saat ini sangat bagus.

Di bawah kepemimpinan Syaiful Anwar, PDAM Intan Banjar bisa membangun sebuah kantor yang sangat representatif dan terbilang mewah tanpa menggunakan dana APBD. PDAM secara bertahap menyisihkan keuntungan guna membangun gedung yang diresmikan pada awal 2017.

Sementara, untuk penghargaan di tingkat nasional, PDAM juga banyak menerima. Di antarnya, pada akhir Oktober 2017 PDAM Intan Banjar kembali meraih penghargaan di tingkat nasional. PDAM Intan menyabet penghargaan Top IT Improvement untuk Bupati dan Wali Kota.

Sekda Banjar, Nasrunsyah mewakili Bupati Banjar, H Khalilurrahman dan Wawali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan hadir mewakili Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani.

Penyerahan penghargaan yang dilakukan Mensesneg, Pratikno itu bertempat di Gtand Ballroom Balai Kartini, Jakarta, Selasa (31/10/2017) malam.

Baca: Syaiful Anwar Kembali Jabat Dirut PDAM Intan Banjar, Dipercaya karena Loyalitas

Dirut PDAM Intan Banjar foto bersama dengan karyawan PDAM Intan Banjar.
Dirut PDAM Intan Banjar foto bersama dengan karyawan PDAM Intan Banjar. (istimewa)

Selain itu, PDAM Intan Banjar juga meraih penghargaan untuk Ceo Top IT Top Telco.

PDAM Intan Banjar merupakan satu-satunya PDAM di Kalsel yang meraih penghargaan ini. Bisa dibilang PDAM Intan Banjar mengharumkan nama Kalsel.

Syaiful Anwar, menyatakan, penghargaan ini tidak terlepas dari penerapan Teknologi Informasi (TI) di PDAM Intan Banjar.

Menurut dia, selain guna mendongkrak kinerja dan etisiensi proses bisnis yang berdampak langsung terhadap kepuasan pelanggan, penerapan TI juga bisa berkontribusi terhadap ekonomi daerah.

“Melalui penerapan TI seperti website, serta informasi pelanggan PDAM Intan Banjar di ponsel berbasis Android dengan mengakses di Playstore secara gratis maka pelanggan akan memperoleh info tagihan rekening air, gangguan pelayanan, sambungan baru, dan lainnya. Selain itu , ada. juga interaksi antara masyarakat PDAM Intan Banjar melalui radio dan TV lokal,” katanya.

Menurut dia, penerapan TI di PDAM Intan Banjar dilakukan di hampir semua bagian dan cabang yang menggunakan aplikasi Simpadu Online yang meliputi billing rekening, sambungan baru, inventori, baca meter, disposisi, keuangan WebGis hingga kepegawaian. Maupun sistem TI lainnya sepertj pemanfaatan sistem VoIP, internet dan wiii.

“Pemanfaatan TI yang dilakukan PDAM Intan Banjar guna mempermudah pelayanan air bersih kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa sejahtera," ujar dia.

Soal keamanan data, Syaiful mengaku perlindungan data ware house ataupun klien dari serangan hackers sangat panting. Karena itu, pihaknya pun secaxa intensif menggunakan antivirus, firewall, webserver untuk koneksi dari luar ke PDAM Intan Banjar.

“Untuk bisa login ke dalam sistem aplikasi, kami menggunakan password, sesuai dengan tugas dan pekerjaan yang karyawan tangani," pungkas dia. (*)

Penulis: Sofyar Redhani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved