Berita Balangan

Seluruh Ferkades Balangan Sampaikan 6 Aspirasi ke Bupati, Begini Bunyinya

Hadir langsung Bupati Balangan H Ansharuddin, serta pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) serta pejabat lainnya.

Seluruh Ferkades Balangan Sampaikan 6 Aspirasi ke Bupati, Begini Bunyinya
Muhammad Elhami
Forum Komunikasi Persatuan Kepala Desa se Kabupaten Balangan kembali menggelar pertemuan, kali ini bertempat di aula kantor Kecamatan Paringin, Senin (18/12/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Forum Komunikasi Persatuan Kepala Desa se Kabupaten Balangan kembali menggelar pertemuan, kali ini bertempat di aula kantor Kecamatan Paringin, Senin (18/12/2017).

Hadir langsung Bupati Balangan H Ansharuddin, serta pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) serta pejabat lainnya.

Pertemuan tersebut selain sebagai sarana silaturrahmi juga dimannfaatkan oleh pihak desa untuk sharing persoalan desa kepada pihak pemerintah.

Kepada BPost, Ketua Forum Komunikasi Persatuan Kepala Desa se Kabupaten Balangan, Yuliadi mengungkapkan ada sejumlah point yang disampaikan dalam forum tersebut, setidaknya ada enam aspirasi.

Disebutkannya pertama, pihak desa meminta kejelasan terkait status sekretaris desa (sekdes) dimana saat ini beberapa sekdes ada yang PNS ada juga yang non PNS.

"Jika sekdes statusnya PNS disamaratakan seluruhnnya harus PNS, jika statusnya non PNS juga begitu, makanya kami minta pemerintah memberikan kejelasan," ujarnya.

Kemudian pihak desa juga memperjuangkan tali asih bagi kades yang sudah purnatugas alias sudah tak menjabat lagi.

"Berharap pemerintah membuat payung hukumnya, agar tali asih ini bisa kembali diberikan kepada kades purnatugas," katanya.

Yuliadi yang juga sebagai Kepala Desa Lamida Bawah Kecamatan Paringin ini meminta kejelasan status tanah Jalan Usaha Tani (JUT) yang sebelumnya dibangun oleh PU Kabupaten.

Menurutnya jika statusnya dihibahkan ke desa maka desa akan bisa leluasa memperbaiki dan menganggarkannya, ada beberapa desa yang JUT buatan PU rusak dan tak bisa diperbaiki oleh desa karena wewenang PU.

Halaman
12
Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help