Ekonomi dan Bisnis

2018, Menkeu Sri Mulyani Janji Akan Keluarkan Data Ini

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut tahun depan, Kementerian Keuangan ( Kemenkeu) akan

2018, Menkeu Sri Mulyani Janji Akan Keluarkan Data Ini
kompas.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong, di diskusi Forum Merdeka Barat 9, Gedung Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Kamis (27/7/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut tahun depan, Kementerian Keuangan ( Kemenkeu) akan mengeluarkan satu sumber data yang dikemas secara lengkap agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Rencana satu sumber data itu berangkat dari banyaknya data yang dikeluarkan masing-masing divisi yang ada di bawah naungan Kementerian Keuangan selama ini.

"Selama ini, para pengamat, investor, ekonom, kalau lihat di Kementerian Keuangan, masing-masing Direktorat Jenderal mengeluarkan statistik sendiri. Sekarang kami coba buat satu penerbitan yang lebih terkoordinasi dan terkonsolidasi sehingga data tidak terfragmentasi ke luar," kata Sri Mulyani di kantornya, Senin (18/12/2017).

Baca: Osvaldo Haay Resmi Tinggalkan Persipura, Kalimat Perpisahannya Bikin Terharu

Baca: Berani Menentang Donald Trump, Kim Jong Un Jadi Idola di Gaza

Baca: Ini Jawaban Ridwan Kamil Setelah Golkar Menarik Dukungan Pencalonannya Sebagai Cagub Jawa Barat

Rencana ini akan mulai dijalankan pada Januari 2018 mendatang.

Selain mengeluarkan data, Kementerian Keuangan juga akan memberi informasi seputar kebijakan yang perlu diketahui oleh publik secara umum.

Menurut Sri Mulyani, sampai saat ini masih banyak orang yang belum memahami betul aturan-aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Contohnya peraturan perpajakan.

Melalui corong informasi yang lebih sederhana dan terpusat, dia berharap masyarakat bisa terus mengikuti perkembangan terkini mengenai arah kebijakan pemerintah dalam koridor keuangan.

"Perbaikan sistem informasi ini akan memberi kejelasan, baik dari sisi substansi informasi, data, dan arah kebijakan," tutur Sri Mulyani. (KOMPAS.com)

Editor: Ernawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved