5 Faktor yang Bisa Jadi Pemicu Bunuh Diri yang Berasal dari Kesehatan Mental

Setelah Juli lalu dunia musik dikejutkan dengan kabar meninggalnya Chester Bennington, "pentolan" band rock Linkin Park,

5 Faktor yang Bisa Jadi Pemicu Bunuh Diri yang Berasal dari Kesehatan Mental
Koreaboo
Member boyband SHINee, Jonghyun, meninggal karena bunuh diri di Seoul, Senin (18/12/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Setelah Juli lalu dunia musik dikejutkan dengan kabar meninggalnya Chester Bennington, "pentolan" band rock Linkin Park, karena bunuh diri, kali ini publik kembali dikejutkan dengan kasus serupa.

Salah satu anggota grup vokal asal Korea, SHINee, ditemukan tak bernyawa pada Senin (18/12/2017) sore waktu Korea.

Jonghyun, penyanyi kelahiran 8 April 1990 ini diduga mengakhiri hidupnya dengan cara meracuni diri dengan menghirup karbon monoksida yang dihasilkan dari pembakaran briket batubara di wajan.

Walaupun belum ada pernyataan resmi dari agensi yang menaungi SHINee, SM Enternainment, namun pelaporan kakak Jonghyun kepada polisi Gangnam dapat menjadi informasi bagaimana Jonghyun mengakhiri hidupnya.

"Pada 18 Desember pukul 16:42, kakak Jonghyun melapor ke polisi bahwa adiknya hendak bunuh diri", ungkap polisi Gangnam. "Kami ke kediaman Jonghyun di Chungdam dan menemukan dia berusaha mengakhiri hidupnya dengan menyalakan briket batubara di wajan", tambah polisi tersebut.

Baca: Sosok Kontroversial Bakal Terdepak dari Kepengurusan Golkar, Siapa Saja Mereka?

Baca: Berani Menentang Donald Trump, Kim Jong Un Jadi Idola di Gaza

Kematian Jonghyun menambah panjang daftar musisi yang meninggal dunia akibat bunuh diri.

Bunuh diri telah menjadi sebuah fenomena menyedihkan yang terjadi di seluruh dunia. Data World Health Organization (WHO) menunjukkan, sekitar 800.000 orang tewas akibat bunuh diri setiap tahunnya. Jumlah ini belum termasuk kasus-kasus percobaan bunuh diri.

Ada beragam faktor yang bisa memicu seseorang untuk bunuh diri, seperti masalah ekonomi, konflik dengan keluarga, ditolak dalam pergaulan, masalah percintaan, pernah mengalami pelecehan seksual, menjadi korban perundungan (bullying), hingga motif terorisme.

Halaman
1234
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved