Berita Balangan

Per 1 Januari 2018 Seluruh Penduduk Kabupaten Balangan Terdaftar Sebagai Peserta JKN KIS

Pada hari Senin 18 Desember 2017, Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan resmi meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC)

Per 1 Januari 2018 Seluruh Penduduk Kabupaten Balangan Terdaftar Sebagai Peserta JKN KIS
Humas Pemkab Balangan
Penandatanganan perjanjian kerjasama oleh Bupati Balangan Drs. H. Ansharuddin, M.Si dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Barabai Bapak Sugiyanto, S.Kom., M.M., AAK di halaman Kantor Bupati Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pada hari Senin 18 Desember 2017, Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan resmi meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC) yaitu mendaftarkan seluruh penduduknya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan per 1 Januari 2018.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama oleh Bupati Balangan Bapak Drs. H. Ansharuddin, M.Si dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Barabai Bapak Sugiyanto, S.Kom., M.M., AAK di halaman Kantor Bupati Balangan.

“UHC ini merupakan komitmen kami Pemerintah Daerah Balangan dalam mendukung program strategis nasional dalam hal jaminan kesehatan untuk masyarakat dan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017 bahwa pemerintah kabupaten memastikan seluruh penduduknya terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS)” ujar Ansharuddin.

Sampai dengan bulan Nopember tahun 2017 jumlah peserta JKN-KIS di Kabupaten Balangan sebesar 49.656 jiwa atau 40 persen dari total jumlah penduduk yaitu 124.710 jiwa, dan Insya Allah Per 1 Januari 2018 seluruh penduduk Kabupaten Balangan terdaftar dalam program JKN-KIS atau mencapai 100 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Balangan.

Baca: BREAKING NEWS: Petugas Gabungan Sambangi Karaoke Pasar Kasbah, Ini yang Ditemukan

Baca: Kalahkan Tokoh Lain, Hasil Survei: Budi Gunawan Lebih Disukai Publik pada Posisi Cawapres

Baca: Paspampres Disebut Terima Rp 150 Juta dari Dirjen Hubla, Panglima TNI: Temukan Oknum-oknum Terkait

Baca: Berani Menentang Donald Trump, Kim Jong Un Jadi Idola di Gaza

Tentunya dengan jumlah peserta yang sedemikian besar maka membutuhkan pengawalan dari kita semua untuk penanganan dalam Fasilitas Kesehatan yang memadai.

Adanya jumah Peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang semakin meningkat membutuhkan juga sarana prasarana untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Balangan.

"Untuk itu perlu adanya kerjasama antara Pemerintah Balangan khususnya Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, BPJS Kesehatan dan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lainnya yang terkait, bersama-sama meningkatkan kualitas, kuantitas dan kinerjanya untuk selalu melayani masyarakat lebih baik dan lebih baik lagi ke depannya," katanya.

“Kabupaten Balangan ini merupakan kabupaten pertama di Provinsi Kalimantan Selatan yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan semesta. Semoga kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Selatan dapat mengikuti langkah yang sudah dilakukan Kabupaten Balangan,” kata Sugiyanto.

“Dengan didaftarkannya penduduk Kabupaten Balangan ke program JKN-KIS yang sebelumnya dijamin program Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA), anggaran yang harus disediakan oleh Pemda dapat diproyeksikan awal tahun karena cukup dengan membayar secara rutin iuran perjumlah peserta, hal ini membantu Pemda dalam mengelola keuangan daerah,” imbuhnya.

Jaminan Kesehatan merupakan bukan hal yang baru tentunya bagi kita semua karena kesehatan adalah suatu kebutuhan kita semua untuk menunjang setiap aktivitas agar kita lebih produktif dan sebagai upaya dalam mewujudkan masyarakat Bumi Sanggam yang sehat dan sejahtera.

Maka Pemerintah Kabupaten Balangan berkomitmen sekaligus mengajak seluruh masyarakat Bumi Sanggam untuk bergotong royong, saling tolong menolong dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional agar Bumi Sanggam ini menjadi lebih sehat dan sejahtera. (*)

Penulis: Herliansyah
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help