Berita Kabupaten Banjar

Sekda Resmikan Unit Metrologi Legal, Ini Tanggapan PLT Direktur PD Pasar

Sekda Banjar Ir H Nasrunsyah MP meresmikan Unit Metrologi Legal (UML) di Kantor Disperindag Banjar.

Sekda Resmikan Unit Metrologi Legal, Ini Tanggapan PLT Direktur PD Pasar
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Sekda Banjar Ir H Nasrunsyah MP meresmikan Unit Metrologi Legal (UML) di Kantor Disperindag Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sekda Banjar Ir H Nasrunsyah MP meresmikan Unit Metrologi Legal (UML) di Kantor Disperindag Banjar.

"Bismillahirrahmanirrahim dengan ini Unit Metrologi Legal (UML) resmi beroperasi. Unit ini, sangat bermanfaat melindungi konsumen dan mengajak pedagang untuk jujur dalam perdagangan," ungkap Sekda saat meresmikan UML.

Dengan resminya Unit Metrologi Legal di Kantor Disperindag Banjar ini akan memudahkan pedagang untuk melegalisasi alat ukur timbang yang mereka gunakan.

Baca: Waw, Jonghyun SHINee Ternyata Kerap Pamer Roti Sobek yang Bikin Penggemar Klepek-klepek

Plt Direktur Pasar Bauntung Batuah, Rusdiansyah mengatakan, dengan adanya lembaga legal untuk penera alat ukur ini tentu akan memudahkan pedagang untuk memastikan timbangan yang mereka gunakan apakah kelebihan atau kekurangan.

Selama ini, sudah ada dilaksanakan peneraan dilakukan tetapi itu terbatas tergantung program dari kementerian perdagangan.

Diantaranya ada program peneraan dari Kementeri Persagangan terhadap tiga pasar ini yakni Pasar Kindai Limpuar Gambut, Pasar Ahad Kertak Hanyar serta Pasar Astambul sehingga ketiga pasar ini menjadi pasar tertib ukur.

Baca: Dari Google Sampai Twitter, Yuk, Intip Menu Kantin 5 Perusahaan Terbesar di Dunia Ini!

"Dengan adanya unit metrologi legal ini tentu akan memudahkan warga untuk memstikan timbangan mereka telah sesuai standar. Kami sangat mendukung program ini," katanya.

Kepala Disperinda Banjar HM Ramlan mengaku gembira setelah melakukan persiapan personil serta peralatan Unit Metrologi Legal (UML) diresmikan.

Baca: Setelah Pasar Paringin, Giliran Pasar Batumandi Disidak Polisi, Ini Hasilnya

UML yang baru diresmikan ini, akan melayani tera alat ukur berupa meteran air, meteran BBM, timbangan dan lain-lain, terutama SPBU, sawit, pedagang emas, daging dan sebagainya.

"Dengan Unit Metrogi Legal ini akan berlangsung tertib ukur seluruh Indonesia sehingga konsumen menjadi terlindungi dan tetap menjaga citra pasar yang mulai tergerus pasar modern," katanya.

Penulis: Hari Widodo
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved