Selebrita

Ingat! Bullying terhadap Penggemar Jonghyun SHINee Bisa Berakibat Fatal, Perhatikan Ini

Into The Light juga meminta kepada warganet untuk menghentikan cacian atau guyonan terhadap para penggemar Jonghyun

Ingat! Bullying terhadap Penggemar Jonghyun SHINee Bisa Berakibat Fatal, Perhatikan Ini
Jonghyun SHINee 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Into The Light Indonesia, sebuah komunitas pencegahan bunuh diri, tidak hanya mengimbau penggemar mendiang Jonghyun SHINee agar tetap berpikir jernih dan saling memperhatikan.

Into The Light juga meminta kepada warganet untuk menghentikan cacian atau guyonan terhadap para penggemar Jonghyun yang disebut Shawol.

Sebelumnya diberitakan Jonghyun meninggal dunia karena bunuh diri, Senin (18/12/2017), sekitar pukul 18.00 waktu Seoul, Korea Selatan.

"Kepada masyarakat luas, terutama keluarga dan teman dekat dari fans SHINee/Shawol untuk menghindari perilaku menstigma, merundung, menghakimi atau menilai negatif kematian bunuh diri dari idola mereka," demikian pernyataan tertulis Kepada Koordinator Into The Light Indonesia, Benny Prawira Siauw, seperti yang dikutip Kompas.com, Rabu (20/12/2017).

Baca: Postingan Terakhir Taeyeon Tentang Jonghyun Bikin Penggemar Khawatir Dia Bakal Bunuh Diri Juga

Baca: Tiap Tampil Selalu Tersenyum dan Tertawa, Siapa Sangka Jonghyun SHINe Pendam Beban Berat

Jonghyun (dok. mbn star via naver.net)
Jonghyun (dok. mbn star via naver.net) (IDEA.grid.id)

"Setiap kematian bunuh diri selebritas dapat mengguncang fans, tidak peduli apapun persepsi dan reaksi kita terhadap kematian idola mereka," lanjutnya.

Ia juga menuliskan bahwa pernyataan-pernyataan yang merendahkan penggemar karena meratapi kepergian Jonghyun bisa memperburuk keadaan atau berakibat fatal.

Mental penggemar yang terkena cyber bullying bisa terpengaruh dan semakin berpotensi untuk terpicu mengalami depresi dan bunuh diri.

"Ada baiknya untuk kita terus bersama saling memperhatikan kondisi satu sama lain, belajar berempati dan mendengarkan dalam kondisi ini," tulis Benny.

Personel SHINee, Jonghyun
Personel SHINee, Jonghyun (soompi.com)
Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved