Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Tidak Sarapan

Apakah Anda termasuk orang yang malas sarapan? Jika iya, mulailah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut

Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Tidak Sarapan
banjarmasinpost.co.id/salmah
sarapan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Apakah Anda termasuk orang yang malas sarapan? Jika iya, mulailah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut, karena tubuh kita memerlukan asupan energi yang cukup dengan makan secara teratur yakni sebanyak 3 kali sehari, termasuk di pagi hari.

Sarapan pagi merupakan makanan yang sangat penting sebelum kita beraktivitas. Banyak orang yang biasa melewatkan makan pagi karena beberapa alasan seperti kesiangan kerja, sekolah, kuliah, tidak sempat dan lain sebagainya.

Biasanya sebagian wanita yang beralasan tidak sarapan pagi karena sedang menjalankan program diet. Namun, tahukah Anda ternyata risiko melewatkan sarapan pagi ternyata membahayakan tubuh Anda?

Dijelaskan Wahyu Hardo Prasetyo SSTG MPH RD, Ahli Gizi Klinik (Dietetesien) di Banjarmasin, waktu makan yang paling penting bagi tubuh adalah makan pagi alias sarapan. Sarapan memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung aktivitas harian.

Baca: Waduh Gawat, Ada Buaya Sering Berjemur di Dekat Kawasan Wisata Siringlaut

Baca: Wakil Wali Kota Samarinda Wanti-wanti Hotel Primebiz yang Dibangun Dekat Masjid

"Beberapa bahaya sarapan pagi antara lain menurunkan konsentrasi. Jika kita melewatkan sarapan pagi, maka saat kita akan beraktivitas perut kosong dan lapar, inilah biasanya membuat konsentrasi turun sehingga bisa menurunkan kinerja otak," jelasnya.

Berdasarkan penelitian, anak remaja yang sering melewatkan sarapan paginya cenderung mengalami sindrom metabolik saat dewasa nanti. Sindrom metabolik adalah gangguan kesehatan yang dapat memicu risiko berbagai macam penyakit kardiovaskuler, seperti jantung dan diabetes.

Baca: Sengaja Tidak Sarapan! Ini Penyakit Mematikan yang Siap Menghampiri Anda

Efek negatif lainnya membuat tubuh menjadi lebih lemas. Setelah malamnya berpuasa karena kita beristirahat di malam hari, tentunya pagi hari merupakan waktu yang paling penting untuk mendapatkan energi melalui sarapan.

Halaman
1234
Penulis: Salmah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved