Berita Banjarbaru

Lahan Pondok Pesantren Ditanami Bibit Pohon, Hutan Pun Diberi nama Para Kyai

Bertempat di lahan garap Ponpes Darul Ilmi seluas 5 hektare, jenis bibit pohon yang ditanam meliputi durian, rambutan, mangga,

Lahan Pondok Pesantren Ditanami Bibit Pohon, Hutan Pun Diberi nama Para Kyai
BANJARMASINPOST.co.id/nia kurniawan
Penanaman bibit pohon melibatkan para santri dan pengelola pondok pesantren dibantu oleh staf teknis BPDASHL Barito dan Dinas LH Kota Banjarbaru, Rabu (20/12/2017) di Ponpes Darul Ilmi Lianganggang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Penanaman bibit pohon melibatkan para santri dan pengelola pondok pesantren dibantu oleh staf teknis BPDASHL Barito dan Dinas LH Kota Banjarbaru, Rabu (20/12/2017) di Ponpes Darul Ilmi Lianganggang.

Penanaman bibit pohon sebagai bentuk pembangunan hutan serbaguna, hasil kerja sama BPDASHL Barito bersama Pemko Banjarbaru.

Bertempat di lahan garap Ponpes Darul Ilmi seluas 5 hektare, jenis bibit pohon yang ditanam meliputi durian, rambutan, mangga, mahoni, sungkai dan sengon. Jumlah total yang ditanam 3.125 batang bibit.

Sedangkan di Ponpes Darul Hijrah dan Ponpes Nurul Ma’ad masing-masing seluas 5 hektar dengan jenis bibit tanaman durian, mangga, rambutan, langsat, duku, sirsak dan aren sedangkan bibit kayu-kayuannya yaitu sengon, mahoni, sungkai dan jabon.

Baca: Jadwal Liga Inggris Pekan 19, Arsenal Vs Liverpool, Misi Manchester United Kejar Manchester City

"Sebagai wujud penghargaan kita terhadap keberadaan dan peran serta ulama dalam kepedulian terhadap lingkungan sekitar maka hutan serbaguna di ketiga pondok pesantren diberi nama Hutan serbaguna Hajjah Acil Ramnah, hutan serbaguna Kyai Haji Zarkasyi Hasbi, hutan serbaguna Kyai Haji Ahmad kusasih," ucap Ketua panitia Zainal Arifin.

Bibit yang ditanam nantinya akan dilakukan pemeliharaan secara berkala. Dia mengatakan hutan serbaguna ini sebagai upaya membudayakan gemar menanam dan
memelihara pohon, penanggulangan degradasi lahan dan kerusakan lingkungan lainnya.

Juga upaya meningkatkan produktivitas lahan sekaligus menuju kelestarian lingkungan, upaya mengimplementasikan kesepakatan antara Kementerian LHK dengan Kementerian Agama.
Pada kesempatan itu turut hadir Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani, Pimpinan ponpes, Sekjen BPDSHL Kementerian LH Dr Ir Murdiyono.

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help