Berita HST

HST Masih Butuh 504 Lebih CPNS, Sejak Moratorium 2011, Ini Faktanya

Dari jumlah tersebut terbanyak guru, sehingga akhir Desember ini Pemkab HST merekrut guru kontrak yang saat ini masih proses seleksi.

HST Masih Butuh 504 Lebih CPNS, Sejak Moratorium 2011, Ini Faktanya
banjarmasinpost.co.id/hanani
Ilustrasi- Jajaran PNS Pemerintah Kabupaten HST saat apel pagi di Halaman Kantor Bupati HST, Barabai. 

BANJARMASINPOST. CO. ID, BARABAI- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, mencatat, sampai Desember 2017, ada 283 PNS di Kabupaten HST yang telah pensiun. PNS pensiun tersebut meliputi pensiun karena batas usia, karena meninggal dunia, ditambah adanya PNS yang pindah keluar daerah.

Dari jumlah tersebut terbanyak guru, sehingga akhir Desember ini Pemkab HST merekrut guru kontrak yang saat ini masih proses seleksi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPP-SDM) Akhmad Fatoni menyampaikan, sejak moratorium penerimaan CPNS dilakukan pada 2011, hanya 2014 pemerintah pusat merekrut tenaga PNS baru.

Baca: Pidato Umar bin Khattab Ketika Jadi Khalifah Ini Menggetarkan, Janjinya Pemimpin Amanah

Sementara, tiap tahun, ada beberapa pegawai yang pensiun, meninggal dunia hingga pindah tugas.

"Khusus guru saja sudah 136 orang," kata Fatoni. Atas kekurangan tersebut, BKPSDM HST telah menyampaikan usul formasi yang dibutuhkan daerah, yang totalnya 504 CPNS, terdiri atas formasi guru, dokter, perawat serta jabatan yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur.

"Usulnya disampaikan Mei 2017 lalu. Sekarang sudah Desember, tentu masih akan ada pegawai yang pensiun. Jika BKN mengacu pada data usulan kami 504, kemungkinan masih ada penambahan jumlah PNS pensiun, karena biasanya kouta daerah berdasarkan usulan sebelumnya, sehingga itu yang menjadi patokan BKN memberikan jatah formasi dan personel yang direkrut jika ada penerimaan CPNS 2018 mendatang,"kata Fatoni.

Baca: Keterlaluan Dokter Malpraktik, 44 Tahun Kain Kasa Tertinggal di Perut Pasien

Selama ini, kekurangan tenaga perawat dan kebutuhan tenaga kesehatan dan teknis lainnya ditutupi pemkab HST melalui perekrutan pegawai kontrak daerah, yang jumlahnya ratusan, digaji menggunakan dana APBD daerah. Termasuk tenaga satpol PP yang jumlahnya 100 lebih digaji dari dana daerah tersebut.

Sementara, berdasarkan data total jumlah PNS tersisa saat ini, BKD mencatat tinggal 4.362 orang, yang tersebar di bagian SOPD.(*)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved