Health Info

Sarapan Nasi Goreng Bikin Ngantuk! BegIni Penjelasan Ahli Gizi

Menurut Ahli Gizi,Wahyu Hardi Prasetiyo, sarapan memang penting artinya bagi aktifitas sehari-hari.

Sarapan Nasi Goreng Bikin Ngantuk! BegIni Penjelasan Ahli Gizi
net
Nasi goreng 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Seringkali ada pertanyaan, kenapa kalau sarapan makan nasi goreng malah bikin cepat ngantuk. Kadang saat kerja dikantor sampai disarankan teman dekat untuk cuci muka, biar segar tidak mengantuk lagi.

Menurut Ahli Gizi,Wahyu Hardi Prasetiyo, sarapan memang penting artinya bagi aktifitas sehari-hari. Sebuah penelitian membuktikan, sarapan yang benar dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat anda merasa lebih baik dari sisi mental dan fisik.

Pilihan makanan yang salah juga bisa bikin hari berantakan. Rahasianya, kombinasi makanan yang tepat. Nah, yang diperlukan di pagi hari adalah hadirnya zat gizi sumber tenaga pada karbohidrat untuk energi dan sumber pembangunan pada protein untuk daya tahan tubuh.

Baca: Cerita Pilu TKW! Sengaja Merekam Aksi Bejat sang Majikan yang Ingin Memperkosanya

Baca: Hari Ibu 22 Desember 2017 - Ini Sejarah Hari Ibu, Ternyata Sekarang Diartikan Berbeda

Ahli Gizi,Wahyu Hardi Prasetiyo
Ahli Gizi,Wahyu Hardi Prasetiyo (Istimewa)

“Misalnya, makan roti gandum dengan keju atau selai kacang. Selain itu makan sereal dengan buah atau telur dengan roti gandum juga bisa jadi pilihan Anda,” katanya, Kamis (21/12).

Prinsip sarapan itu adalah praktis dengan waktu persiapan dan pengerjaannya. Konsumsi sarapan pagi cukup 15-20 persen dari total harian, 20 persen itu pun paling optimal dan sudah mampu mengawali dan mempertahankan kondisi tubuh.

“Jika Anda dianjurkan oleh Ahli gizi klinik dietetisien konsumsi 1900kalori per hari,berarti Anda konsumsi untuk sarapan cukup sekitar 400 kalori, itu sudah mampu untuk mengawali aktivitas, karena tiga jam kedepan Anda akan sonsumsi snack sekitar 10 persen,” ujarnya.

Jadi Jangan makan makanan berat yang berlebihan saat sarapan yang membuat perut bekerja optimal sehingga harus bekerja ekstra, Misalnya, sarapan nasi goreng pagi hari jumlah banyak. Nah ini bisa membuat tubuh lelah mengubah ditambah jumlah komposisi yang hadir cuma sumber tenaga yang banyak, sumber protein nya sedikit, tanpa sumber pengatur itu kurang tepat.

Energi yang digunakan akan melakukan full konsentrasi dilambung atau perut untuk memproses nasi goreng jumlah banyak dan tidak lengkap zat gizi yang, inilah yang bisa membuat memunculkan efek mengantuk disaat sedang mengawali aktivitas kerja pagi.

Halaman
123
Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved