Otomotif

Xpander Menggoyang, Avanza Tak Tergoyahkan di Puncak

Avanza yang dijual di Indonesia, terdiri dari beberapa tipe seperti E, G, Veloz dan mesin 1.3-L dengan 1.5-L.

Xpander Menggoyang, Avanza Tak Tergoyahkan di Puncak
iotomotif.com
Toyota Avanza 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Toyota Avanza masih menjadi pemimpin di segmen low multi purpose vehicle ( LMPV). Sepanjang tahun ini (Januari-November) 2017, data wholesales (pabrik ke diler) mobil sejuta umat itu sudah mencapai 109.529 unit.

Avanza yang dijual di Indonesia, terdiri dari beberapa tipe seperti E, G, Veloz dan mesin 1.3-L dengan 1.5-L. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), varian paling laris, yaitu 1.3 G M/T.

Sepanjang tahun ini, tipe tersebut sudah terjual 44.100 unit. Disusul varian 1.3 E M/T dengan total penjualan selama 11 bulan terakhir tahun ini mencapai 21.447 unit.

Baca: Cerita Pilu TKW! Sengaja Merekam Aksi Bejat sang Majikan yang Ingin Memperkosanya

Baca: Mengharukan! Ini 4 Momen Spesial di Rumah Duka Jonghyun SHINee

Belum lama ini, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa tipe itu paling banyak dibeli oleh konsumen fleet (borongan), untuk dijadikan mobil dinas disuatu kantor atau instansi pemerintahan.

“Pasar fleet untuk Avanza sekitar 40 persen dari total penjualan Avanza. Paling laris memang model 1.3 manual. Oleh sebab itu, Avanza masih laris dibeli masyarakat,” kata Soerjo panggilan akrab Soerjopranoto di kawasan Jakarta Selatan.

Menurut Soerjo, konsumen borongan itu selalu mementingkan masalah aftersales service, dan keandalan suatun mobil. Toyota, kata dia sudah tidak bisa diragukan lagi mengenai jaringan penjualan, hingga bengkel telah tersebar di seluruh Indonesia.

Oleh sebab itu, kata Soerjo para instansi pemerintah, hingga kantor yang ada di Indonesia memilih Avanza sebagai mobil dinas, ketimbang merek lain di kelas sama.

“Tipe lain juga angka penjualannya sangat bagus sepanjang tahun ini. Meski sudah ada rival, Avanza masih tetap terjual sekitar 10.000-an unit per bulannya. Pasarnya sudah jelas dan terbentuk,” kata Soerjo.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help