Berita Banjarmasin

Awal 2018, Perusda PAL Banjarmasin Sudah Produksi Air Bersih

Perusahaan Daerah (Perusda) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Banjarmasin terus melakukan inovasi pelayanan untuk masyarakat.

Awal 2018, Perusda PAL Banjarmasin Sudah Produksi Air Bersih
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
SALAH satu mobil penyedot limbah yang dimiliki Perusahaan Daerah (Perusda) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perusahaan Daerah (Perusda) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Banjarmasin terus melakukan inovasi pelayanan untuk masyarakat.

Direncanakan awal tahun 2018 ini Perusda PAL milik Pemko Banjarmasin ini akan memproduksi air bersih yang bahan bakunya dari air limbah yang selama ini dibuang di sungai selama 24 jam.

"Terobosan inovasi Perusda PAL dalam pengolahan air bersih ini untuk mengoptimalkan pemanfaatan air limbah yang selama ini dibuang di Sungai Martapura. Untuk itulah di penghujung tahun 2017, Perusda PAL akan membangun intake 5 liter per detik yang akan operasional awal tahun 2018," kata Direktur Perusda PAL Banjarmasin H Rahmatullah SE kepada pers, Jumat (22/12).

Menurut Rahmatulah, tujuan pengoptimalkan air limbah ini, selain memanfaatkan air yang selama ini terbuang selama 24 jam juga merupakan lokasi penelitian sejumlah kampus dan sekolah di Kalsel.

Baca: Tio Pakusadewo Ditangkap karena Isap Sabu di Rumah, Saat Itu Anaknya Tidur di Kamar

Baca: Profil Tio Pakusadewo Peraih 2 Piala Citra, Ternyata Keturunan Bangsawan Jawa Bergelar Raden

"Perusda PAL merupakan satu satunya perusahan air limbah di Indonesia. Kalau selama ini dibuang di sungai kita mulai membuat terobosan dipakai sumber air baku dengan harapan bisa mencukupi kebutuhan air bersih di lingkungan Perusda PAL maupun pemenuhan hotel maupun kapal,''ungkapnya.

Rahmatullah menambahkan pembangunan minitretmen air bersih 5 liter per detik ini bukan untuk menyaingi PDAM tetapi apa yang dilakukan, semata- mata sebagai inovasi.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris RCTI, MNC TV, Bein Sport Sabtu dan Minggu : Misi Man City

Terobosan ini sudah mendapatkan persetujuan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina selaku pemilik dan diharapkan awal tahun sebelum dioperasional lebih dahulu akan dilakukan penelitian.

"Jadi untuk kualitas dijamin standar yang sebelumnya juga akan dilakukan sesuai baku mutu air bersih yang telah ditentukan. Demikian juga pengoperasioanlaannya nanti akan diresmikan dan pemanfataan dilakukan terbuka," tegas Rahmatullah. (*)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help