Berita Banjarmasin

Mahasiswa di Kampus Nusantara Merasakan Mengaji itu Membawa Berkah

Peringatan Maulid yang juga sekaligus penutupan program pembelajaran Alquran itu dihadiri oleh Rektor ULM

Mahasiswa di Kampus Nusantara Merasakan Mengaji itu Membawa Berkah
Isti Rohayanti
Acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Kampus Baitul Hikmah, ULM, Jalan Brigjen Hasan Basri, Banjarmasin, Jumat (22/12). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ratusan mahasiswa ULM berpakaian muslim dan muslimah menghadiri acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dimana acara tersebut digelar di Masjid Kampus Baitul Hikmah, ULM, Jalan Brigjen Hasan Basri, Banjarmasin, Jumat (22/12).

Hikmat, begitulah gambaran pada acara yang digelar tahunan tersebut. Setiap lelaki dan perempuan yang menghadiri acara nampak memperhatikan pengisi acara, mulai dari sambutan, hingga penceramah.

Peringatan Maulid yang juga sekaligus penutupan program pembelajaran Alquran itu dihadiri oleh Rektor ULM, Sutarto Hadi dan diisi penceramah oleh Ustadz Karyono Ibnu Ahmad.

Koordinator kegiatan, M Noor Ansyari mengatakan acara ini yakni rangkaian dari program pembelajaran Quran. Dimana program itu merupakan proses dari kegiatan Kampus Nusantara Mengaji.

Adapun mahasiswa yang diikutkan dikatakan Ansyori ialah mahasiswa semester pertama yang mengikuti mata kuliah Pendidikan Agama Islam, dan pembelajaran itu akan mereka ikuti selama satu semester.

Ketua Pengelola Masjid Kampus Baitul Hikmah, Aminudin juga menerangkan hal serupa. Dalam sambutannya, ia mengatakan acara maulid kali ini merupakan rangkaian acara dan akhir dari kegiatan Kampus ULM mengaji yang mana juga tergabung dalam kegiatan "Kampus Nusantara Mengaji"

"Seyogyanya kegiatan ini awalnya direncanakan teleconference untuk Kampus Nusantara Mengaji" ucapnya. Ia juga menjelaskan kalau para peserta yakni makasiswa yang mengambil mata kuliah Pendidikan Agama Islam.

Melihat dari pembelajaran yang telah dilakukan, ia mengatakan program pembelajaran Alquran berhasil membawa kebaikan dan kemanfaatan kepada mahasiswa. Efek samping dari membaca kitab suci umat islam itu dikatakan Aminudin menjadikan mahasiswa mendapatkan berkah dan hidayah.

Dimana terlihat setiap pelaksanaan solat Djuhur, masjid selalu dipenuhi jamaah. Membuat para mahasiswa sadar dan pahan alan silaturahmi. Sehingga ia pun mengatakan akan mencoba untuk berkomitmen pada kegiatan tersebut.

Sementara itu, Rektor ULM Banjarmasin, Sutarto Hadi juga sempat memberikan sambutannya. Ia mengatakan kegiatan pembelajaran Alquran ini sangatlah penting. Apalagi pada masa ini dimana kesadaran banyak orang telah bangkit dan kembali pada Alquran dan hadist.

Namun mengikuti hal itu, ia mengatakan kesadaran dan kebangkitan itu malah dianggap sebagian orang sebagai bentuk ancaman. Sehingga cara menjerumuskan kembali yakni memasukan narkoba. Mahasiswa dan pelajar bahkan anak-anak direcoki oleh benda tersebut.

"Jadi satu cara mengurangi ialah melalui mengurangi pemintaan. Kami berharap Ustadz Karyono bisa memberikan wawasan pada rangkaian kegiatan maulid yang juga penting untuk pembinaan karakter mahasiswa," ucap Sutarto pada acara tersebut.(ell)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved