Berita Banjarmasin

Menulis Opini Semudah Menulis di Media Sosial, 52 Guru Pun Lakukan Ini

Pada acara yang bertajuk "Munulis Opini Semudah Menulis Di Sosial Media" tersebut, Ketua PGRI Cabang Banjarmasin Selatan

Menulis Opini Semudah Menulis di Media Sosial, 52 Guru Pun Lakukan Ini
Isti Rohayanti
Pelatihan menulis opini untuk para guru di SDN Kelayan Barat 3 Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 52 guru yang merupakan anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) cabang Banjarmasin mendapatkan pelatihan menulis opini pada Kamis (21/12/2017) lalu.

Pada acara yang bertajuk "Munulis Opini Semudah Menulis Di Sosial Media" tersebut, Ketua PGRI Cabang Banjarmasin Selatan, Zul Azhar mengatakan, saat ini merupakan era dimana masyarakat tidak terkecuali guru bebas menyampaikan pendapat. Karenanya PGRI sebagai lembaga yang menaungi para guru tentunya menginginkan guru memiliki kualitas yang dalam menulis.

“Saat ini kan banyak curhat melalu media sosial tentunya yang bersifat membangun. Seandainya itu dituangkan ke dalam opini menggunakan penataan yang lebih bagus tentu ini akan menjadi lebih menarik dan bisa disalurkan ke media masa” ucapnya Zul pada kegiatan yang digelar di SDN Kelayan Barat 3, Jalan KS Tubun tersebut.

Ia juga menjelaskan tujuan dilaksanakannya patihan itu yakni untuk menggali potensi guru dalam hal menulis, khususnya penyampaian opini ke media masa.

Selain itu, Zul juga menghendaki melalui program kerja PGRI Cabang Banjarmasin Selatan, para guru yang mengikuti pelatihan itu nantinya tidak lagi beranggapan menulis opini itu sesulit yang dibayangkan.

“Penerapan kalimat santai saja, tidak terlalu pormal, seperti menulis di Medsos. Itu yang dismpaikan narasumber," ucapnya.

Ia pun berharap pelatihan tersebut mampu membuat para guru rajin menulis dan menumbuhkan pemikiran untuk menulis opomi lebih gampang daripada menulis hal lainnya.

Tak hanya pelatihan, bahkan diujung kegiatan tersebut, peserta juga diminta untuk membuat tulisan opini untuk dicetak pada tabloid produksi PGRO Cabang Banjarmasin Selatan yang nanti akan dilaunching 2018 mendatang.

Semantara itu, Wakil ketua PGRI Kota Banjarmasin, Sumadi mengatakan begitu mengapresiasi program pelatihan menulis opini untuk para guru tersebut. Terlebih pelatihan menulis opini baru pertama kali dilakukan.

“PGRI Cabang Banjarmasin Selatan ini sangat kreatif. Tentu program ini sangat positif sekali. Kami berharap ini bisa ditularkan ke PGRI cabang lainya di Kota Banjarmasin,” ucap Sumadi.

Menurut Sumadi, pelatihan tersebut sangat membantu dalam hal mengangkat harkat dan martabat para guru. Apalagi para peserta merupakan guru-guru muda yang sudah memiliki semangat besar dalam hal belajar menulis opini.

Tidak kalah penting, Sumadi mengatakan menulis opini merupakan satu penilayan yang akan diberikan untuk kenaikan pangkat seorang guru. Dimana bisa membantu para guru untuk menyusun angka kredit kenainakan pangkat tersebut.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved